oleh

Harga Cabe di Pasar Laino Raha Meningkat

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Sepekan jelang Idul Fitri 1440 H, beberapa harga bahan pokok di Pasar Laino Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai merangkak naik. Kenaikan ini dipicu kurangnya stok dipasaran. Harga sejumlah jenis cabe naik hingga 100 persen.

Kepala seksi Pengendalian Barang dan Kebutuhan Masyarakat Disperindag Muna, Wa Ode Nasia mengungkapkan, cabe merah besar yang sebelumnya Rp20 ribu per kilogram naik menjadi Rp40 ribu. Kemudian cabe rawit dari Rp10 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram.
Harga cabe keriting juga naik. Dari Rp25 ribu menjadi Rp35 ribu perkilogram.

Baca Juga:  Harga Sembako di Pasar Laino Mulai Merangkak Naik

Katanya, harga bawang putih saat awal bulan Ramadhan harganya melonjak sampai 100 persen, justru delapan hari jelang lebaran ini mengalami penurunan.

“Saat ini pedagang bawang putih sudah ada yang jual Rp40 ribu per kilogram hingga Rp45 ribu. Bahkan masih ada juga yang menjual Rp60 ribu perkilogram. Yang menjual Rp60 ribu itu karena masih stok lama,” terang Wa Ode Nasia seraya menambahkan bahwa harga bawang merah juga ikut naik.

Baca Juga:  Letkol Idris Hasan: Paham Komunis Tidak Pernah Diam

Sementara bahan pokok lainnya yakni beras, telur, daging sapi, dan lainnya masih tergolong stabil.

“Kebutuhan yang harganya tidak naik itu karena stok aman alias banyak. Tapi kita akan tetap pantau dan kontrol trus harga dipasaran,” pungkasnya.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Kas

NEWS FEED