oleh

Hati-hati! Satgas Saber Pungli Berwenang Lakukan OTT

-Pena Kendari-134 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dalam upaya memberantas praktek pungli, sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), terus di lakukan. Kali ini Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Kendari, melaksanakan sosialisasi pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Rabu, 13Oktober  2021.

Ketua UPP Kota Kendari, Kompol Alwi, yang memimpin kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan satgas UPP bertugas diantaranya membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar

Selain itu, satgas juga melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana, baik yang berada di kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah.

Wakapolres Kendari ini juga membeberkan bahwa satgas juga berwenang melakukan pengumpulan data dan informasi dari lembaga dan pihak lain, Mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan kegiatan pemberantasan pungutan liar.

“Kami juga sebagai Satgas UPP berwenang melakukan operasi tangkap tangan, Itulah beberapa kewenangan kami dalam rangka memangkas pungli, dalam rangka menjaga citra Pemerintah Daerah sendiri”, ungkap Alwi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg Rahminingrum ketika membuka sosialisasi Saber Pungli tersebut mengatakan sangat terbantu dengan adanya sosialisasi ini karena sebagai OPD yang melayani masyarakat di bidang Kesehatan, sangat berpeluang terjadinya praktek pungli.

“Kami Kepala dinas, Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala seksi staf, para kepala puskesmas dan jajarannya memang telah berkomitmen, untuk paling tidak, kalau tidak 100 persen langsung bebas dari pungli, betul-betul kami berkomitmen untuk bagaimana kami bisa meminimalisir mengurangi pungli, sehingga menuju ASN-ASN yang betul-betul bersih dan berwibawa” ujar Rahmi.

Ia juga mengatakan, sebagai bukti jajarannya berupaya menjadi OPD yang bebas dari pungli tersebut, Dinkes Kota Kendari juga menjadi salah satu perwakilan Kota Kendari yang dipersiapkan mengikuti kegiatan Wilayah Bersih Melayani (WBM) serta Wilayah Bersih Bebas Korupsi (WBBK).

Pada Sosialisasi yang dilaksanakan sekira 2 jam ini, para peserta terlihat antusias mengikuti, ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang di ajukan, terkait apa-apa saja yang masuk ranah Saber Pungli serta bagaimana mencegah dan mengatasi terjadinya praktek pungli.

Kegiatan ini dihadiri oleh  Tim Inspektorat Kota Kendari, Dinas Kominfo Kota Kendari, anggota Satgas UPP Polres Kendari, serta Jajaran Dinas Kesehatan Kota Kendari.

Editor: Sudiami

Komentar

NEWS FEED