oleh

Hiu Tutul Berukuran 3,5 Meter Terdampar di Sungai Wanggu Kendari

-Pena Kendari-631 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Seekor hiu paus tutul berukuran sekitar 3,5 meter ditemukan terdampar di  Sungai Kambu sekitar pemukiman penduduk, tepatnya di samping RSUD Kota samping RSUD Kota Kendari, Jalan ZA Sugianto, Kelurahan Poasia, Kota Kendari, Sabtu, 2 Januari 2021.

Awalnya hiu paus tersebut dilihat oleh salah satu warga setempat yang langsung mengabadikan dan menghubungi pihak terkait.

Tidak berselang lama, personil Polda Sultra yang dipimpin oleh Kasubdit Gakkum Dit Polairud, AKBP Mulkaifin bersama Personil Sat Brimobda Sultra, Basarnas Kendari, Kementerian Kelautan Sultra, Personil Dit Polairud, Personil BKO Polair Mabes Polri melaksanakan evakuasi ikan Hiu Tutul itu.

“Evakuasi dilaksanakan dengan cara mendorong dan menarik badan ikan ke tempat yang dalam menggunakan peralatan evakuasi ikan besar dan ditarik menggunakan kapal RIB Polairud”, jelas AKBP Mulkaifin.

Saat ditemukan, kondisi ikan dalam keadaan lemah kemudian dilakukan rekondisi awal agar tidak semakin lemah.

Giat Evakuasi dilakukan dengan membungkus ikan menggunakan kain evakuasi dan diberikan pelampung untuk selanjutnya ditarik menggunakan kapal menuju perairan dalam.

“Kondisi terakhir saat ikan dilepaskan pada perairan dalam sekitar 6 meter dalam kondisi responsif. Pelaksanaan giat evakuasi berjalan dengan lancar dan ikan hiu dalam kondisi selamat situasi aman dan terkendali”, tutupnya.

Penulis: Husain

Komentar

NEWS FEED