oleh

HMI Komisariat IAIN Laksanakan LK 1

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 31 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kendari mengikuti Latihan Kader (LK) 1 HMI Komisariat IAIN.

Kegiatan itu dilaksanakan di gedung Pascasarjana IAIN, sejak Rabu hingga Jumat dan diikuti puluhan peserta dari kampus IAIN, UNSULTRA dan Universitas lainnya.

Ketua HMI Komisariat IAIN Hasan Basra mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda rutin yang bertujuan menjaring serta membentuk kader sehingga mampu berperan sebagai pemimpin masa depan.

Sebagaimana HMI memiliki visi menciptakan kader dengan lima kualitas insan cita seperti yang tercermin dalam tujuan HMI yakni terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan Islam dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil-makmur yang diridhoi Allah SWT.

Baca Juga:  Lahirkan Kader Bermutu, HmI Komisariat FISIP UHO Adakan Kajian Rutin

“Calon kader HMI dibina, diarahkan serta dibentuk agar menjadi pemimpin yang siap untuk menghadapi tantangan zaman, persaingan khususnya di dunia kampus,” kata Hasan, Selasa 20 November 2018.

“Pada prinsipnya, mahasiswa itu harus sukses pribadi, akademisi dan organisasi. Benar-benar siap untuk terjun di lingkungan masyarakat,” tambahnya.

Ditempat yang sama mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) IAIN Kendari, Muh Amsar mengungkapkan, pentingnya Ideologi mahasiswa muslim berakreditas akademisi. Utamanya dalam menjalankan roda lembaga kemahasiswaan internal maupun eksternal kampus. Sehingga kemajuan orientasi mahasiswa terbentuk antara birokrasi perguruan tinggi dengan organisasi kampus.

Baca Juga:  Milenial GenBI 2018 Siap Cetak Pemimpin Berkarakter Tangguh

“HMI organisasi mahasiswa islam dengan semangat keislaman dan keindonesiaan. Sehingga menjadi kewajiban bagi kader HMI untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan muslim serta keutuhan negara ini yang diridhoi allah SWT, sebagai tujuan HMI dalam AD/RT,” ujarnya.

Untuk diketahui, awalnya mahasiswa yang daftar berjumlah 183 yang berasal dari berbagai Kampus di Kota Kendari. Namun yang lulus screaning hanya 56 orang. Setelah dilakukan penyaringan dan mengikuti beberapa tahapan untuk lulus sebagai kader HMI tersisa 31 orang.(b)

Penulis: Zulkarnain
Editor: La Basisa

NEWS FEED