oleh

IHGMA Sultra Gelar Pelatihan Pengembangan SDM Bidang Perhotelan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Asosiasi General Manager Hotel atau Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA) Sulawesi Tenggara baru-baru ini menggelar pelatihan pembuatan budget hotel.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IHGMA Sultra, Mahmud Al Habsy mengatakan, pelatihan itu sangat penting dilakukan guna mengembangkan sumber daya manusia di bidang industri hotel. Selain itu untuk memberikan pelayanan prima dan didukung dengan pengetahuan bagaimana cara mengelola dan membuat budget hotel.

“Apalagi sekarang sudah begitu banyak hotel. Jadi penuh persaingan. Makanya pelatihan ini penting untuk melatih dan mengembangkan SDM untuk mempunyai kemampuan dalam hal pengawasan dan penilaian dari suatu produk atau layanan yang disediakan di hotel,” kata Mahmud, Minggu 3 Maret 2019.

Baca Juga:  Kawasan Kumuh Bungkutoko - Petoaha Bakal 'Disulap' Jadi Tempat Wisata

Dalam pelatihan, ungkap Mahmud, para pengusaha perhotelan diberi materi dan skill untuk level supervise dan managerial secara proaktif. Sehingga, properti fisik, produk dan jasa hotel memenuhi kebutuhan, dan harapan tamu yang konsisten termasuk mampu menganalisa budget, segment pasar, dan standar mutu di area hotel.

“Ini juga kegiatan tahunan kami. Dan kemarin kami mengundang Bapak Monang Marbun sebagai mentor yang telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di dunia industri hotel,” tutur Mahmud.

Baca Juga:  Hugua Sebut Tiga Potensi Ini yang Dapat Dikembangkan Untuk Konkep

Sementara itu, dalam pembukaan pelatihan, Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) Pengusaha Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Sultra, Hugua menilai, melalui pelatihan yang digelar, DPD IHGMA Sultra telah membuktikan eksistensinya dalam membangun SDM untuk kemajuan pariwisata daerah.

“Yang mana hal ini harus kita support agar dapat dilaksanakan di waktu mendatang,” tuturnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Sal

NEWS FEED