oleh

Jalan Boulevard Resmi Berganti Menjadi Nama Pahlawan Asal Baubau

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Jalan Boulevard yang menghubungkan Markas Polda Sultra dengan Kecamatan Baruga kini resmi berganti nama menjadi jalan Komjen Dr. H. M. Jasin. Penggantian nama jalan tersebut diresmikan langsung Gubernur Sultra Ali Mazi, Sabtu 10 November 2018.

Ali Mazi mengungkapkan, penggantian nama jalan ini sebelumnya diusulkan oleh Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto pada rapat kerja (Raker) Forkopimda pada 29 Oktober lalu.

“Beliau (Kapolda Sultra) memperkenalkan dan menginformasikan tentang pengabdian dan jasa-jasa Komjen M Jasin, yang merupakan seorang putra terbaik Sultra dan telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional,” kata Ali Mazi usai peresmian.

Baca Juga:  Delapan Warga Sultra Pemilik Bahan Peledak Diamankan Mabes Polri

Ia memaparkan, Komjen M. Jasin lahir di Baubau, Sultra pada 9 Juni 1920 dan meninggal di Jakarta pada 3 Mei 2012 pukul 15.30 WIB dengan usia 92 tahun. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pada 21 Agustus 1945, M. Jasin merupakan Komandan Tokubetsu Keisatsukai atau Polisi Istimewa Surabaya yang kemudian menjadi Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kala itu Jasin melakukan tindakan untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

“Sosok kelahiran Sulawesi ini menunjukkan semangat juang dan prestasi cemerlang ketika menjalankan tugas dari Kapolri, Jenderal Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo untuk membentuk Brigade Mobil,” papar Ali Mazi.

Baca Juga:  Soal Demo Mahasiswa di Kendari, Polda Bilang Sudah Beri Pengawalan Sesuai SOP

Pada 1946, M. Jasin menjabat sebagai Kepala Kepolisian di Karesidenan Malang. Tak banyak yang tahu jika Surabaya memiliki polisi yang menjadi pahlawan saat pertempuran hari pahlawan, 10 November 1945 di Surabaya. Sebab warga Surabaya lebih mengenal dengan sebutan Tokubetsu Keisatsukai.

“Komjen Muhamad Jasin mempunyai nilai tambah secara tersendiri, karena beliau adalah putra terbaik bangsa kelahiran Sulawesi Tenggara yaitu di Kota Baubau. Beliau juga adalah bapak Korps Brigade Mobil Kepolisian RI,” tandasnya.(b)

Penulis: Edi Sartono
Editor: La Ode Muh. Faisal

NEWS FEED