oleh

Jelang Arus Mudik, Belum Ada Ekstra Flight di Bandar Udara Haluoleo

PENASULTRA.COM, KENDARI – Walau sudah memasuki minggu ketiga bulan Ramadan, Bandar Udara (Bandara) Haluoleo belum mengadakan tambahan penerbangan atau ekstra flight dari pihak airline jelang mudik Lebaran 2019.

Kepala Bandara Haluoleo, Safruddin mengatakan, hingga saat belum terjadi lonjakan penumpang secara signifikan. Namun pihaknya tengah melakukan persiapan guna mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang seiring dengan semakin dekatnya waktu mudik Lebaran.

“Salah satu cara kami antisipasi lonjakan penumpang yakni ditambahnya penerbangan atau ekstra flight. Biasanya ada tiga kali terbang dalam sehari. Tapi ini belum,” kata Safruddin Kamis 23 Mei 2019.

Baca Juga:  Tiket Pesawat Garuda Kini Lebih Murah

Menurut Safruddin, Bandara telah memenuhi audit hasil akhir atau melakukan pemeriksaan dari otoritas bandara wilayah V Makassar baik dari sisi keselamatan, operasi maupun keamanan.

“Selesai 19 Mei 2019 kemarin telah melakukan inspeksi. Kami juga telah melakukan inspeksi atau memastikan seluruh peralatan operasional bersungsi dengan baik. Jadi tidak ada cuti bagi personil operasional,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kata Safruddin, ia juga akan mengadakan posko terpadu dengan melibatkan stakeholder terkait pada 29 Mei hingga 12 Juni 2019 atau H-7 hingga H+7 lebaran.

Baca Juga:  Penumpang Mudik Melebihi Kapasitas, Kapal "Dilarang Tarik Jangkar"

“Yakni Lanud, Polri, SAR, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Dinas Perhubungan Provinsi dan instansi terkait lainnya,” ujarnya.

Apabila demand (permintaan) meningkat, pihaknya akan segera menghubingi airline untuk menambah frekuensi penerbangannya.

“Sampai sekarang belum ada ekstra flight artinya masih dalam kondisi terkendali. Kemarin data minggu lalu, informasi dari airline isian seat baru 40 hingga 60 persen. Mungkin sekarang sudah ada perubahan,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED