oleh

Jelang Perayaan HPS ke-39, Dispar Kendari Benahi Destinasi Wisata

PENASULTRA.COM, KENDARI – Sebagai tuan rumah perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Indonesia, Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Pariwisata (Dispar) mulai melakukan berbagai persiapan. Salah satunya, membenahi tata kelola beberapa destinasi wisata yang ada.

Kepala bidang (kabid) Destinasi dan Industri Pariwisata Dispar Kendari, Laode Darmawan Dimi mengatakan, persiapan difokuskan pada sektor wisata bahari. Diantaranya melakukan pelatihan tata kelolah destinasi sadar wisata, baik dari aspek atraksi, maupun aksesibilitas.

“Kita punya destinasi wisata unggulan seperti Pantai Nambo. Di sektor lain kita punya Kebun Raya Kendari, dan ada pula Tracking Mangrove Kemaraya. Dan kita ketahui seluruh destinasi tiap tahun pengunjungnya meningkat,” tutur Darmawan belum lama ini.

Baca Juga:  Jelang HPS ke-39, Bupati Konsel Minta OPD Bantu Masyarakat Berbenah

Selain itu, Dispar telah menyiapkan sekitar seribu pemandu wisata untuk mendampingi para wisatawan dan tamu dari berbagai negara yang akan hadir di Kota Kendari pada peringatan HPS Oktober mendatang.

Kemudian untuk sarana akomodasi dan penginapan, Dispar telah berkordinasi dengan seluruh pengusaha hotel dan penginapan yang ada di kota Kendari.

Sejauh ini, Pemkot Kendari telah menyediakan 145 hotel berbintang maupun sedang dengan jumlah 1.382 kamar 2010 tempat tidur. Namun demikian, pemerintah mengaku masih kekurangan sekitar tujuh ribu kamar, mengingat jumlah peserta dan tamu yang sangat banyak.

Baca Juga:  Keindahan Pantai Nambo Pikat Turis Amerika Serikat

“Seyogyanya, kita membutuhkan 15 ribu kamar, saat ini baru ada 8 ribu kamar yang ada,” sebut Darwin.

“Kita berharap bisa memanfaatkan alternatif lain karena jumlah hotel berbintang di Kendari tidak banyak, maka kita bisa mengambil alternatif lain seperti homestay ataupun rumah masyarakat,” tutupnya.(b)

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Faisal

NEWS FEED