oleh

Komunitas Kendari Kreatif Siap Mengantar Daerah Menuju Kota MICE

PENASULTRA.COM, KENDARI – Komunitas Kendari Kreatif (KK) siap mengambil peran dalam mewujudkan Kendari sebagai Kota MICE atau Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran).

Ketua Kendari Kreatif, Racil menilai, semua elemen ekonomi kreatif dapat mendukung sektor pariwisata. Baik itu fashion, kuliner, desain produk, media, periklanan dan sebagainya.

Selain itu, kegiatan ekonomi kreatif dinilai dapat menjadi atraksi dan alat promosi pariwisata di Kendari. Bahkan, dapat berwujud destinasi wisata baru jika dibuat suatu kawasan kreatifitas.

“Bicara pariwisata dan ekonomi kreatif itu memang tidak bisa dipisah,” ujar Racil di acara Ngobrol Penting (Ngopi) terkait Pariwisata di Kedai Kopi Waktu, Jumat 15 November 2019.

Menurutnya, ekonomi kreatif di Kendari sudah berkembang. Hanya saja, perlu dibingkai dalam suatu tujuan bersama untuk mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota MICE.

“Yang kita harapkan itu ada nilai baru, bahwa apa yang kita lakonkan bukan sebatas untuk diri sendiri, tetapi itu bisa berkontribusi terhadap daerah kita khususnya di sektor pariwisata,” tuturnya.

Untuk itu, ia berharap, semua yang dilakoni para stakeholder, baik pemerintah, pelaku usaha maupun penggiat ekonomi kreatif dapat menjadi suatu bagian yang mengantar daerah menjadi Kota MICE.

“Asasnya sudah dapat, berbudaya, berkreasi, berwisata. Tujuannya apa, ya untuk mendorong Kota Kendari menju Kota MICE,” pungkas Racil.

Penulis: Faisal
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED