oleh

Konsel Masuk Nominator Penerima Anugerah Budhipraja 2019

PENASULTRA.COM, KONAWE SELATAN – Masyarakat Konawe Selatan (Konsel) patut berbangga. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel masuk dalam tujuh besar nominator kabupaten penerima anugerah Budhipraja 2019 yang di selenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Kepastian Konsel mendapat anugrah Budhipraja tersebut terkuak saat Bupati Konsel H Surunuddin Dangga diundang untuk memaparan pendalaman/klarifikasi strategi pemda dalam memperkuat ekosistem inovasi daerah dihadapan dewan juri di Gedung BPPT Kemenrsitekdikti, Selasa 30 Juli 2019.

Dalam rilisnya, Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga mengaku bangga dan optimis Konsel akan menempati posisi ke tiga besar.

Surunuddin mengaku sudah memaparkan beberapa strategi pengembangan inovasi daerah di Konsel yang tujuannya mendorong terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat. Pointnya gagasannya kata dia, menjalin kolaborasi antara akamedisi, business, dan government communities (ABG+C), meningkatkan produk unggulan daerah yang memberikan nilai tambah, produktifitas dan daya saing daerah serta ketersediaan infrastruktur digital untuk pengembangan inovasi daerah.

Selain itu, pihaknya juga mendorong terciptanya transparansi tata kelola APBD dan perbaikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

“Lalu peningkatan SDA dan SDM, mendorong lahir dan tumbuhnya perusahaan pemula berbasis teknologi serta membangun budaya inovasi melalui kreatifitas manusia, organisasi dan sistem,” ucap Surunuddin.

Sementara itu, Direktur Sistem Inovasi Kemenristekdikti, Ophirtus Sumule mengatakan, hasil penilaian dewan juri sesuai pendalaman klarifikasi yang dipaparkan masing-masing bupati akan diplenokan serta diumumkan saat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-24 di Bali 28 Agustus 2019.

Untuk diketahui, enam kabupaten lain yang masuk dalam tujuh besar nominator kabupaten penerima anugerah Budhipraja 2019 yakni Kabupaten Toli-Toli Badung, Bogor, Kulon Progo, Luwu Utara dan Wonogiri, yang nilainya melampaui 31 Kota dan 415 Kabupaten se-Indonesia yang ikut menjadi peserta nominasi.(b)

Penulis: Sopi
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED