oleh

Koperasi Wabahara Peroleh 12 Unit Perahu Viber dari KKP RI

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI salurkan 12 unit perahu tempel 3 GT di Desa Wabahara, Kecamatan Duruka, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Selain 12 unit perahu bermesin tempel berkapasitas 20 PK, alat tangkap ikan, jenis jaring sebanyak 75 PIS ukuran 4 inchi, pancing rawe 3000 mata serta bubuh 300 buah juga diberikan kepada Koperasi Pada Dauang Sama.

Ketua Koperasi Pada Dauang Sama mengungkapkan, sejak menjadi nelayan 35 tahun silam, baru kali ini dirinya mendapatkan bantuan.

Pria 54 tahun itu berharap, bantuan yang didapatkan bisa mendatangkan berkah dan mempermudah mereka dalam melakukan penangkapan ikan di laut.

“Ini baru pertama kalinya. Selain ketua koperasi, saya juga berprofesi sebagai nelayan,” ungkap Ahmad pada awak media saat disambangi kediamannya, Minggu 25 November 2018.

Lanjutnya, 12 unit perahu yang terbuat dari bahan viber itu akan dibagikan kepada 10 kelompok yang tergabung dalam koperasi yang dibinanya dan dua unitnya akan dibagikan ke dua Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang ada di Desa Wabahara.

“Jadi satu kelompok dapat satu unit perahu yang dibagi kepada dua Kube,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Pendamping Penyuluh Dinas Perikanan Kabupaten Muna, Azan Illyn menjelaskan, bantuan itu adalah program KKP RI yang baru dimulai sejak 2016 silam.

Untuk wilayah Muna, tambahnya, ada dua koperasi yang memperoleh bantuan itu yakni Koperasi Pada Dauang Sama Desa Wabahara dan Sehat Tampo, Kecamatan Napabalano.

“Kalau disini (Desa Wabahara) 12 unit perahu dan alat tangkap. Kalau di Koperasi Sehat Tampo hanya empat unit perahu tempel serta alat tangkap,” sebutnya.

“Bantuan itu disesuaikan dengan jumlah kelompok dalam satu koperasi,” sambungnya.

Azan berharap, agar kedepannya nelayan yang ada di dua koperasi yang telah peroleh bantuan itu dapat meningkatkan hasil ikan tangapan mereka.

“Hasil tangkapan mereka nantinya akan dikelolah oleh koperasi. Kami yakin ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: La Basisa

NEWS FEED