oleh

KPU Kendari Sasar Pemilih Pemula Dikalangan Mahasiswa Bidikmisi UHO

PENASULTRA.COM, KENDARI – Minggu 17 Februari 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menggelar sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) 2019 kepada mahasiswa Bidikmisi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Komisioner KPU Kota Kendari, Asril mengatakan, sosialisasi kepada mahasiswa Bidikmisi penting dilakukan. Pasalnya, banyak mahasiswa Bidikmisi UHO yang berdomisili diluar Kendari.

“Saya sangat pastikan jika penerima Bidikmisi UHO sekitar 90 persen berasal diluar Kota Kendari. Bahkan ada juga mahasiswa penerima program 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) dan mahasiswa Papua,” kata Asril.

Pentingnya sosialisasi ini, kata Asril, agar mahasiswa mengetahui jika Pemilu 2019 akan dilaksanakan pada 17 April 2019. Kemudian jika ada mahasiswa yang berasal dari luar Sulawesi Tenggara (Sultra) ingin memilih di Kendari, maka harus didaftarkan dulu di dalam daftar pemilih tetap (DPT). Setelah itu diuruskan Form A5 atau keterangan pindah memilih.

Baca Juga:  63 Anggota Baru Menwa UHO Resmi Dilantik

Bagi mereka selanjutnya hanya akan memperoleh satu kertas suara yaitu kertas suara untuk calon Presiden dan Wakil Presiden. Sedangkan empat kertas suara lainnya yakni DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota tidak akan diberikan.

“Karena yang bersangkutan berdomisi diluar dari Sultra. Itu dibuktikan dengan KTP-El,” ungkap Asril.

Jika ada mahasiswa yang berdomisili diluar Kendari misalnya dari Muna ingin memilih Kendari, lanjut Asril, yang bersangkutan tetap diuruskan Form A5. Hanya saja akan memperoleh tiga kertas suara yaitu kertas suara untuk Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI serta DPD RI.

Baca Juga:  Baliho Nirna Lachmuddin di Muna Dirusak, Ini Tanggapan Tim Pemenangan

Sementara untuk kertas suara DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota tidak akan diberikan. Sebab, mahasiswa tersebut tidak berada di daerah pemilihannya (Dapil) untuk memilih anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

“Target kami sebenarnya, selain meningkatkan partisipasi pemilih, juga memberikan pemahaman kepada mahasiswa yang berada di luar Kota Kendari atau Sultra agar memiliki hak sama dalam menentukan pilihannya di Pemilu 2019 mendatang,” terang Asril.(b)

Penulis: Bas
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED