oleh

KPU Muna Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Menindak lanjuti perintah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI), KPU Muna gelar simulasi tata cara pemungutan dan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilaksanakan di Alun-alun Kota Raha, Kamis 4 April 2019.

Ketua KPU Muna, Kubais mengatakan, simulasi ini digelar serentak di seluruh Indonesia. Dari 17 kabupaten kota di Sulawesi Tenggara (Sultra), KPU Muna kebagian sagmen proses pungut hitung bagi para pemilih pemula.

“Jadi yang datang di simulasi ini, memang orang-orang yang dikategorikan pemilih pemula saja. Dan pesertanya 100 orang,” kata Kubais pada awak media di sela-sela kegiatan simulasi, Kamis 4 April 2019.

Baca Juga:  2 Jam Jelang Penutupan, 2 Parpol Belum Registrasi di KPUD Muna

Menurut Kubais, TPS yang dijadikan tempat simulasi ini adalah TPS yang sama pada pemilu serentak 17 April 2019 mendatang.

“Pemilihnya juga merupakan pemilih yang terdata pada Data Pemilih Pemula. Yang 100 orang itu memang pemilih pemula dari TPS III Raha II. Kemudian KPPS nya ada dari sekretariat KPU Muna, ada juga dari PPK yang jadi KPPS. PPS ada yang jadi saksi dan ada juga dari KPPS itu sendiri,” bebernya.

Baca Juga:  Honor KPPS dan Linmas Dipangkas, Ketua KPU Muna Bilang Begini

Tata cara pemungutan dan perhitungan suara pada simulasi ini, kata Kubais, sama dengan yang akan dilakukan di TPS lainnya pada hari H.

Namun, surat suara yang digunakan masih menggunakan surat suara simulasi. Dan partai-partai yang dipakai adalah nama buah-buahan.

“Kemudian surat suara caleg DPD dan Pilpres tidak ada gambarnya (foto). Jadi tidak ada nama asli disitu, semua hanya simulasi,” pungkas Kubais.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED