oleh

KPU Pusat Investigasi Proses Seleksi KPU Kolaka dan Koltim

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) telah membentuk tim investigasi untuk menelusuri permasalahan yang terjadi selama proses seleksi KPU Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur (Koltim).

Bahkan dikabarkan, tim investigasi itu sudah tiba di Kendari dan telah memeriksa sejumlah saksi sejak 24 Januari 2019 lalu.

Hal itu dibenarkan Ketua KPU Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir saat ditemui di salah satu hotel di Kendari, Sabtu 26 Januari 2019.

Baca Juga:  Timsel KPU Kolaka dan Koltim Diduga Lakukan Pelanggaran

Natsir mengungkapkan, kedatangan tim investigasi itu bermaksud melaksanakan tugas investigasi dan klarifikasi terhadap permasalahan seleksi calon anggota KPU Kolaka dan Koltim periode 2018-2023.

“Tim investigasi sudah melakukan tugasnya selama dua hari. Tentu jika kami dimintai untuk menghadirkan yang diperiksa, akan kami penuhi,” ujar Natsir.

Ia membeberkan, tim investigasi yang terdiri dari Inspektorat, Biro Hukum dan Biro Sumber Daya Manusia (SDM) KPU RI itu sudah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi. Mereka diantaranya seluruh anggota dan ketua tim seleksi (Timsel) KPU Kolaka dan Koltim, komisioner Bawaslu, serta saksi dari pelapor. Sedangkan Komisioner KPU Sultra belum ada yang dimintai keterangan.

Baca Juga:  KPU Konkep Target Partisipasi Pemilih Tahun Ini Capai 83 Persen

“Pelapor dan oknum-oknum yang dianggap bersangkutan sudah dimintai keterangan. Jika output dari hasil investigasi sudah keluar, akan langsung diberikan kepada KPU RI sebagai acuan mengeluarkan kebijakan guna tindak lanjut hasil investigasi,” tukasnya.(b)

Penulis: Luthfi Badiul Oktaviya
Editor: La Ode Muh. Faisal

NEWS FEED