oleh

KPUD Mubar Sosialisasi Pemilu ke Pemilih Marginal

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA BARAT – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar sosialisasi Pemilu kepada pemilih marginal.

Kordiv SDM dan Parmas, La Ode Muhamad Nuzul Ansi mengatakan sosialisasi pada pemilih marginal kali ini akan dilaksanakan di pulau Bero, Kecamatan Tiworo Utara. Menurut Nuzul, sosialisasi di wilayah tersebut sangat penting dilakukan karena pulau Bero adalah wilayah pesisir yang terisolasi dan jauh dari daratan.

“Pulau Bero adalah pulau terluar Mubar dan termasuk wilayah pesisir yang terisolasi,” kata Nuzul saat ditemui di ruangannya, Selasa 12 Februari 2019.

Baca Juga:  Kepentingan Politik; Kepala Daerah Dilarang Mobilisasi ASN?

Kata Nuzul, tingkat pengetahuan tentang ke Pemiluan di wilayah pesisir sangat minim sehingga berdampak pada partisipasi pemilih yang berkurang.

“Kami ajarkan syarat wajib pilih, pengenalan warna kertas suara, dan tata cara pencoblosan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, tambah Nuzul, tidak sedikit masyarakat pesisir yang tidak mengenyam pendidikan. Sehingga menyulitkan mereka untuk menyalurkan hak suaranya.

“Banyak juga dari mereka yang tidak sekolah sehingga susah dalam menyalurkan hak suaranya. Akibatnya banyak dari mereka yang acuh tak acuh datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ulasnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Pengamanan Logistik, KPU Mubar Bentuk Tim Keamanan Khusus

Ia menjelaskan, berdasarkan data KPU tahun 2017-2018 partisipasi pemilih di wilayah pesisir kurang.

“Untuk mengantisipasi kurangnya partisipasi pemilih pada 17 April 2019 nanti, kita sering lakukan sosialisasi pada semua wilayah pesisir dengan harapan partisipasi pemilih bisa mencapai 83,6 persen,” tutup Nuzul.(b)

Penulis: Zulfikar
Editor: Bas

Pesona Kota Kendari

NEWS FEED