oleh

Kuota CPNS Sultra 2018 Capai 3000 Formasi

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) serentak secara nasional akan segera dibuka 19 September 2018.

Untuk Sulawesi Tenggara (Sultra), kuota CPNS tahun ini mencapai 3000 formasi.

“Ada sekitar 3000-an kuota CPNS se Sultra,” ungkap Nur Endang Abas, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, Senin 10 September 2018.

Endang menyebutkan, kuota CPNS lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) sebanyak 133 kuota dari berbagai disiplin ilmu. Sementara itu kouta di masing-masing kabupaten/kota sebanyak 100 hingga 400 formasi.

Baca Juga:  Ruksamin Harap ASN Konut Tetap Tingkatkan Kualitas Pengetahuan

“Kita mengusulkan berdasarkan analisa kebutuhan dan berdasarkan prioritas pembangunan,” tuturnya.

Ia memaparkan, formasi yang dibutuhkan untuk wilayah Pemprov didominasi lowongan untuk Rumah Sakit (RS), yakni RS Bahteramas dan RS Jiwa.

Berdasarkan Peraturan Kemepan, terdapat syarat kuota yang diporsikan sebanyak 5 persen untuk predikat kumlaude, 1 persen distabilitas, serta K2 guru dan medis yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Serahkan SK 80 Persen untuk CPNS Buteng, Ini Himbauan Samahuddin

Ia menambahkan, tes CPNS yang digelar tahun ini berbasis Computer Assisted Test (CAT). Tes pertama adalah tes kompetensi dasar, setelah itu tes kompetensi bidang dan hanya diikuti untuk tiga kali jumlah formasi yang di tetapkan.

“Selanjutnya akan ada tes praktek kerja yang lebih ke pendalaman kompetensi bersangkutan,” tutupnya.(a)

Penulis: La Ode Muh Faisal
Editor: Kas

Komentar

NEWS FEED