oleh

Lagi, Kemenkum HAM Beri Penghargaan Pemkab Konkep

-Pena Daerah-330 views

PENASULTRA.COM, KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah pusat melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Republik Indonesia (RI) kembali memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep).

Penghargaan kategori daerah yang memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap HAM masyarakat di daerah tersebut diberikan dalam acara peringatan Hari HAM ke-71 di Bandung Jawa Barat, Selasa 10 Desember 2019 lalu.

Bupati Konkep, H Amrullah mengatakan, penghargaan ini merupakan kali kedua yang diterima pihaknya. 2017 lalu, hal serupa juga telah diraih Pemda Konkep

Dengan diraihnya penghargaan ini tentu akan menjadikan motivasi untuk terus membangun daerah dan masyarakat.

“Tentu dengan adanya penghargaan tersebut mengantarkan nama Konkep menjadi daerah peduli HAM. Pemberian penghargaan kali ini juga turut di hadiri Pak Gubernur Sultra, Ali Mazi,” kata Amrullah beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ada tujuh kriteria penilaian yang dilakukan untuk mendapatkan penghargaan sebagai daerah peduli HAM di Indonesia.

Ketujuh penilaian tersebut yakni pemenuhan hak atas kesehatan, pemenuhan hak atas pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, pemenuhan hak atas perumahan dan lingkungan yang berkelanjutan yakni komitmen pemerintah daerah dengan adanya tata ruang wilayah.

“Alhamdulillah ketujuh kriteria itu kita sudah laksanakan karena memang telah tertuang dan menjadi program prioritas dalam RPJMD sesuai visi mewujudkan tata peradaban masyarakat wawonii yang bebas dari belenggu keterbelakangan sosial ekonomi dan sosial budaya tahun 2021,” tutupnya.

Penulis: Nanang Sofyan
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED