oleh

Launching Kendari Preneur, SNNU Nilai Sulkarnain Layak Pimpin Sultra

-Pena Bisnis-615 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari launching Kendari Preneur di area tambat labuh Kendari Beach, Minggu 28 Maret 2021. Kegiatan itu dihadiri pengusaha nasional H. Witjasono, Ketua DPRD Kota Kendari, serta para pelaku UMKM.

Pada kegiatan yang dihadiri para wirausaha tersebut, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyampaikan, program Kendari Preneur dimaksudkan sebagai wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam mengembangkan usaha.

Disebutnya, sebanyak 13 ribu pelaku UMKM telah terlibat dalam program Kendari Preneur. Pihaknya menargetkan sebanyak 42 ribu UMKM lagi yang akan dihimpun untuk mengembangkan bisnisnya.

“Sebagian besar masih pedagang (UMKM yang terlibat) semoga sebagian bisa dialihkan ke production, supaya nilai ekonomisnya lebih lebih tinggi,” ucap Sulkarnain.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Serikat Nelayan Nahdatul Ulama (SNNU) Sulawesi Tenggara, La Ode Alimusafar memuji langkah Sulkarnain dalam mendorong pengembangan UMKM di Kota Kendari.

Alimusafar menilai, program Kendari Preneur yang diinisiasi oleh Sulkarnain sangat berarti bagi pengembangan UMKM ke depan. Mengingat banyaknya sektor usaha yang terkena dampak Pandemi Covid-19 saat ini, keberpihakan serta dukungan pemerintah sangat dibutuhkan.

“Kota Kendari sangat beruntung punya sosok pemimpin seperti pak Sulkarnain yang memiliki progres yang besar membangun daerah. Beliau layak untuk menjadi pemimpin masa depan Sultra,” ucapnya.

Ia menambahkan, sebagai badan otonom Nahdatul Ulama (NU) yang konsen pada upaya peningkatan ekonomi nelayan dan masyarakat pesisir, pihaknya siap mendukung dan mensinergikan program dengan Pemkot, khususnya dalam pengembangan UMKM nelayan dan masyarakat pesisir.

“Program yang akan kami laksanakan pasti akan relevan dengan arah pembangunan Kota Kendari yang sudah disusun oleh Walikota Kendari,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemkot Kendari melakukan publikasi terkait dashboard Kendari Preneur di laman website www.kendaripreneur.com sebagai platform transaksi bagi pelaku UMKM.

Mereka yang masuk dalam program Kendari Preneur akan memperoleh bantuan terkait dengan masalah yang dihadapi, baik itu masalah permodalan, manajemen, serta marketing. Selain itu akan diberikan pendampingan dari UMKM yang nantinya akan diikutkan sertifikasi melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dari Kementerian.

Penulis: Isal

NEWS FEED