oleh

Libatkan Kader Millenial, Pemda Konsel Launching Program Dukcapil Go Digital

-Pena Daerah-473 views

PENASULTRA.COM, KONAWE SELATAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) resmi meluncurkan program kader millenial Sadar Administrasi Keoendudukan (Adminduk) dan Dukcapil Go Digital, Kamis 19 Desember 2019.

Peluncuran program ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang inovasi dalam percepatan proses layanan Adminduk.

Selain itu untuk mengajak para pelajar menjadi fasilitator, mediator, dan informator dalam memberikan informasi pengurusan dokumen kependudukan yang cepat, tepat dan aman. Khususnya di TK, SD, SLTP dan SLTA yang ada di Konsel.

“Kita mulai laksanakan di Konsel, yang penerapannya diharapkan mampu memberikan perubahan paradigma dalam pelayanan kepada publik yang sudah tidak dibatasi dengan ruang dan waktu,” ujar Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengawali sambutannya.

Dengan Go Digital, sambung bupati, masyarakat Konsel mudah membuat akta kelahiran hanya di rumah masing-masing melalui perangkat Handhone/Laptopnya saja. Tanpa harus datang jauh-jauh atau antri di Kantor Disdukcapil.

“Ini bentuk inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan sistem penertiban dokumen kependudukan yang murah, mudah dan akurat, dan bagi pejabat terkaitpun tinggal menandatangani melalui tanda tangan elektronik untuk penertiban KK, Surat Pindah, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian,” tuturnya.

Surunuddin menambahkan, dengan melibatkan kader milenial, meraka diharapkan dapat bertindak sebagai agen pembaharu yang menjadi fasilitator, mediator dan informator dalam memberikan informasi terkait kepengurusan kependudukan. Sehingga tersosialisasikan dengan cepat, baik dilingkungan sekolah, rumah, organisasi intra sekolah dan organisasi kepemudaan lainnya.

“Untuk mendukung Go Digital ini juga, saya perintahkan seluruh OPD, Camat,Lurah, Kades untuk selalu berkoordinasi, bekerjasama dan membantu program dengan Disdukcapil dalam meningkatkan cakupan dokumen kependudukan dan dalam mengupdate dokumen lainnya agar melampaui target RPJMD 2016-2021 dan RPJMN,” pungkasnya.

Penulis: Supyan Hadi
Editor: Faisal

NEWS FEED