oleh

LPMP: Penguatan Kapasitas Pengawas Akan Tingkatkan Mutu Pendidikan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tenggara (Sultra), Idham menegaskan, salah satu luaran yang harus dihasilkan adalah data pengawas yang valid untuk keperluan diklat penguatan pengawas. Sebab, akan berimbas pada peningkatan kinerja pengawas dan berujung pada peningkatan mutu pendidikan.

Hal tersebut diungkapkan Idham saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan kegiatan penyusunan profil mutu pendidikan yang berlangsung di Hotel Same Boutique Kendari, beberapa waktu lalu.

Menurut Idham, pada 2019 nanti, seluruh sekolah di Sultra akan diberikan sertifikat yang memuat nilai rapor mutu hasil pemetaan mutu pendidikan.

Baca Juga:  IKA Unhas Sultra Serahkan Bantuan Korban Bencana Banjir di Konut

“Bagi sekolah-sekolah dengan rapor terbaik akan ditunjuk sebagai sekolah binaan yang menjadi prioritas dalam pemberian bantuan pemerintah, sehingga dapat menjadi rujukan dalam peningkatan mutu bagi sekolah-sekolah lain di sekitarnya,” bebernya.

Ia berpesan, operator data dinas pendidikan dan LPMP Sultra harus menjadi memberikan pelayanan yang baik demi peningkatan kualitas data mutu pendidikan.

Sementara itu, Penanggung jawab Kegiatan, La Maja menerangkan, kegiatan ini akan menghasilkan buku profil mutu pendidikan yang memuat data dan informasi mutu pendidikan, yang dapat menjadi rujukan bagi pemangku kebijakan pendidikan di Provinsi Sultra.

Baca Juga:  Hanya Satu Kandidat Lolos Berkas, Pemilihan Ketum Badko HMI Sultra Bakal Aklamasi

“Profil tersebut memuat capaian kinerja penjaminan mutu pendidikan tahun 2018, executive summary data pendidikan per-semester I tahun 2018 dan yang sedang hangat dibicarakan yaitu zonasi mutu pendidikan,” ujarnya.

Senada, Ketua panitia kegiatan, Gaudensius Dadu Beribe menjelaskan, kegiatan ini berlangsung selama empat hari mulai 4 s.d. 7 Desember 2018 mendatang.

“Peserta kegiatan terdiri dari admin sistem dapodik, admin sistem zonasi dan admin sistem sertifikasi guru dari dinas pendidikan provinsi, kabupaten kota se-Sultra serta unsur staf LPMP Sultra,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

NEWS FEED