oleh

Mahasiswa UHO Temukan Energi Listrik dari Buah Singi

-Pena Kendari-2.510 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – La Mirdawali, Mahasiswa Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menemukan energi listrik yang diperoleh dari buah singi atau dikenal dengan nama latin Dillenia Serrata Tunbr.

Buah ini dapat ditemukan dihutan karena belum dibudidayakan oleh masyarakat. Masyarakat mengenal buah ini dengan sebutan buah songi atau soni.

“Setiap buah yang memiliki rasa masam terdapat kandungan elektrolit didalamnya, sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi listrik,” ucap Mirdawali saat ditemui di kediamannya, Sabtu 18 Januari 2020.

Mahasiswa yang akan diwisuda pada 30 Januari mendatang ini menjelaskan, rasa buah singi yang sangat masam dapat digunakan untuk menyalakan lampu menggunakan bantuan seng dan tembaga.

“Untuk mengetahui seberapa banyak kandungan energi listrik dalam kandungan buah singi, maka dari itu dirangkai menggunakan seng dan tembaga. Seng berfungsi sebagai kutub positive dan tembaga sebagai kutub negative,” bebernya.

Untuk menyalakan satu lampu, diperlukan enam wadah dengan masing-masing wadah berisi 200 ml larutan buah singi. Buah singinya dihaluskan dulu tanpa adanya campuran apapun. Di setiap wadah dicelupkan tembaga sama seng sebagai kutub positif dan negatifnya.

“Ini istilahnya bio baterai. Untuk enam waddah sendiri berarti diperlukan 1200 ml cairan buah singi,” ungkapnya.

Mirdawali menyarankan mahasiswa dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai tumbuhan singi ini, agar pemanfaatan tumbuhan singi tak hanya pada buahnya saja. Melainkan, memanfaatkan batang atau bagian tubuh tumbuhan singi lainnya.

“Sebenarnya harus ada penelitian lanjutan mengenai ini. Entah itu di teliti mengenai kandungan kulit pohon, batang, atau akarnya. Kan setiap buah yang memiliki ciri rasa masam, pasti memiliki ciri yang sama dengan bagian tubuh tumbuhan itu, karna ada saling keterkaitan. Saya curiganya ini batangnya juga memiliki rasa masam, jadi saran saya dilakukan penelitian lanjutan agar bukan hanya buahnya yang dimanfaatkan tapi juga batangnya,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebelumnya telah dilakukan penelitian mengenai energi listrik yang terdapat dalam buah masam. Namun penelitian yang dilakukan, menggunakan buah-buahan hasil perkebunan, seperti lemon atau jeruk dan mangga.(*)

Penulis: Luthfi Badiul

NEWS FEED