oleh

Memasuki Tahun Ajaran Baru 2019, UT Kendari Gelar OSMB

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Memasuki tahun ajaran baru 2019, Universitas Terbuka (UT) Kendari melaksanakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB), Sabtu 7 September 2019.

Direktur UT Kendari, Drs. Effendi M, M.Hum menjelaskan, OSMB merupakan kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di perguruan tinggi. Khusus di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, OSMB ditekankan pada proses belajar mandiri.

Pelaksanaan OSMB dimaksudkan agar mahasiswa baru mengenal dan memahami lingkungan UT. Yakni sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.

Selain itu, OSMB yang khusus digelar di Kendari dan diikuti 198 peserta ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UT secara maksimal.

Baca Juga:  UT Kendari Berencana Gelar Kejuaraan Tenis Meja

Yang terpenting, tekan Effendi, mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di UT. Dengan begitu, mahasiswa baru sadar akan tanggung jawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kita berikan mereka bekal, baik informasi maupun pengetahuan tentang lembaga UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang memang khusus untuk pendidikan atau perkuliahan jarak jauh,” beber Effendi di sela-sela kagiatan OSMB.

Baca Juga:  147 Mahasiswa Baru UT di Muna Ikut Orientasi Studi

Selain itu, lanjut dia, pelaksanaan OSMB akan digelar secara bertahap di beberapa kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ia berharap, 800 orang mahasiswa baru yang tersebar di seluruh Sultra dapat serius dalam mengikuti kegiatan OSMB. Sebab, menurut Effendi, kegiatan ini sangat penting untuk mengetahui mekanisme perkuliahan di UT.

“Kami berharap mereka memiliki ketahanan dalam belajar dan tidak menurun motivasinya dalam mengikuti proses belajar mandiri di UT,” tutup Effendi.(b)

Penulis: Faisal
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED