oleh

Mengenal Komunitas Ayo Makan Kendari, yang Doyan Bagi Makanan Gratis

-Pena Kendari-281 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Kumpulan anak muda di Kota Kendari membuat komunitas yang tak biasa yakni Komunitas Ayo Makan.

Komunitas dengan nama unik ini rutin membagikan sarapan atau makanan gratis dihari Jumat untuk masyarakat Kendari yang melewati Jalan Made Sabara.

Ketua Komunitas Ayo Makan Kendari, Nisvan mengatakan, kegiatan mulia tersebut telah pihaknya lakukan kurang lebih sejak dua bulan lalu.

“Alhamdulillah, kita sudah minggu yang ke-10, yang digawangi kita ini pemuda-pemuda Kendari. Kita ini kegiatan sosial masyarakat jadi semua kalangan bisa ikut berpartisipasi. Berbeda agama dengan kita tidak ada masalah karena memang tujuannya itu kegiatan sosial,” kata Nisvan saat ditemui usai membagikan makanan gratis, Jumat 13 Desember 2019.

Menurut Nisvan, komunitas ini dibentuk sebagai wadah bagi beberapa orang atau kelompok yang mau membagikan makanan gratis. Agar kedepan pembagian makanan gratis tidak hanya di hari Jumat saja tetapi dapat rutin setiap hari.

“Selama ini saya melihat fenomena Kendari banyak teman-teman membagi makanan utamanya hari Jumat tetapi tempatnya terpisah-pisah. Jadi kita punya rencana besar bagaiamana menyatukan yang selama ini sudah jalan, yang jauh sebelum kita ini untuk bergabung menjadi satu sehingga bisa tercipta pembagiannya itu setiap hari,” ungkapnya.

“Kami harap komunitas lain khususnya yang bergerak dalam membagikan makanan gratis, agar bisa bisa bersinergi menjadi satu sehingga kegiatan positif ini dapat berjalan setiap hari,” harapnya.

Nisvan membeberkan, saat ini telah ada 60 donatur tetap yang rutin mengirimkan bantuannya kepada komunitasnya.

“Dari total 60 donatur, 80 persen diantaranya rutin memberikan dana. Yang donatur itu kita patok tidak besar, kecil saja tetapi bisa rutin setiap minggunya. Ada Rp50 ribu, Rp100 ribu, maksimal kita patok Rp200 ribu. Kenapa kita tidak izinkan yang besar karena kita mau rutin sehingga kita ada harapan modal kita berapa seperti itu,” bebernya.

Bagi masyarakat Kendari yang ingin tetlibat dalam kegiatan mulia ini, terutama dalam hal pendanaan dapat lamgsung menghubungi Komunitas Ayo Makan.

“Jadi karena kemarin itu ada kendala kita itu belum punya dasar hukum. Insyaallah satu atau dua minggu ke depan setelah kita punya dasar hukum nanti akan kita publish di Kendari di media-media, baliho dll akan kita naikkan. Kebetulan kan di kominitas ini banyak sekali donaturnya dari dunia advertising yang memiliki banya media-media iklan di Kota Kendari,” ujarnya.

Nisvan berharap, pemerintah dapat memberikan dukungan terhadap kegiatan mereka. Meski hanya sekadar datang berkunjung ke lokasi tempat pembagikanan makanan.

“Makanya kenapa kita pilih Jalan Made Sabara sebenarnya karena itu tidak jauh dari Kantor Wali Kota Kendari tempat jalurnya lewat wali kota, ak gubernur juga biasa lewat sini, tidak lepas kami punya harapan besar, pemerintah bisa melihat kegiatan kami syukur-syukur kalau di support,” tutupnya.

Penulis: Yeni Marinda

Baca Juga:  Kota Kendari Jadi Percontohan Pelabuhan Singgah Kapal Wisata

Baca Juga:  Polda Sultra Musnahkan 1.581 Kg Sabu

NEWS FEED