oleh

Muna Kembali Gelar Gala Desa di Kecamatan Lohia

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kembali menggelar Gala Desa yang dilakasanakan di Kecamatan Lohia Senin 28 Oktober hingga 6 November 2019.

Event yang digelar ketiga kalinya ini diikuti sembilan desa yang ada di Kecamatan Lohia.

Bupati Muna LM Rusman Emba mengatakan, kegiatan Gala Desa merupakan giat yang bertujuan mencari potensi bibit-bibit atlet di desa yang nantinya diharapkan menjadi penerus dan mewakili Muna ditingkat provinsi, maupun ke tingkat nasional.

“Para bibit-bibit atlet yang ada di desa-desa diharapkan bisa mengembangkan olahraga dan dapat mengharumkan nama Kabupaten Muna dan Indonesia,” kata Rusman Emba saat memberikan sambutan pembukaan secara resmi Gala Desa di Kecamatan Lohia, Senin 28 Oktober 2019.

Baca Juga:  Pemilihan Calon Anggota BPD Mataindaha Berlangsung Dramatis

Deputi Pembudayaan Olaharaga Kementerian Pemuda dan Olaharaga (Kemenpora) RI Sudirman Dirjo Dipuro yang juga hadir pada pembukaan giat tersebut mengapresiasi Pemda Muna yang telah sukses melaksanakan gala desa selama tiga tahun berturut-turut.

Kata Sudirman, gala desa merupakan salah satu program “Ayo Olahraga” dari Kemenpora RI. Kegiatan itu sengaja dirancang untuk menambah kebugaran serta kesehatan masyarakat Indonesia.

“Kegiatan gala desa untuk menyatukan warna dalam olahraga dan program ini diharapkan dapat membangkitkan semangat berolahraga serta melahirkan bibit atlit berprestasi di Kabupaten Muna,” terang Sudirman.

Sebelumnya di lokasi yang sama, Kadispora Kabupaten Muna LM Syukur Akbar mengungkapkan, dari 25 Kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang memggelar gala desa, Kabupaten Muna kembali mendapat kepercayaan dari Kemenpora RI.

Baca Juga:  Kajati Sultra Harap Penggunaan DD Sesuai Program dan Tujuan

Sebelumnya pada 2017 digelar di Kecamatan Watopute dan tahun 2018 di Kecamatan Kontunaga.

“Alhamdulillah Kabupaten Muna kembali dipercaya oleh Kemenpora RI. Dan gala desa di Kecamatan Lohia, gala desa yang ketiga kalinya. Hal ini dilihat dari animo dan antusias masyarakat yang sukses melaksanakan kegiatan,” imbuh mantan Camat Watopute itu.

Sekedar di ketahui, ada empat cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di gala desa Kecamatan Lohia, yakni Sepak bola, bola voly putra-putri, tenis meja dan cabor atletik.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Kas

NEWS FEED