Peringatan Hari Jadi Kastor Kota Kendari Dirangkaikan dengan Pasar Murah

Pena Kendari111 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Kasiturusanna Sang Torayan (Kastor) Kota Kendari memperingati hari jadi yang ke-59 tahun pada Sabtu, 29 April 2023.e

Kegiatan ini berlangsung meriah di kediaman pengusaha asal Tana Toraja, Anton Timbang di Jalan Cempaka Putih, Kelurahan Wuawua, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Acara ini bahkan diisi oleh penampilan dua artis nasional yakni Nowela dan Delon eks Indonesian Idol.

Anton Timbang selaku tuan rumah mengatakan, tak kurang dari 1.500 orang berkumpul merayakan HUT Kastor Kota Kendari ke-59 pada tahun ini.

“Selama ini karena adanya pandemi Covid-19, acara peringatan HUT Kastor tahun sebelumnya tidak bisa kita rayakan seperti ini. Momen hari ini, pemerintah sudah mengizinkan sehingga kami semua bisa berkumpul bersama masyarakat Toraja yang ada di Kota Kendari. Kami sangat bersyukur dan bergembira,” ujar Anton.

Dalam HUT Kastor ke-59 ini, lanjut Anton, beberapa lomba diadakan seperti lomba menyanyi, pembacaan ayat al kitab dalam bahasa Toraja, lomba vokal grup, dan lomba domino.

“Saya berharap semoga Kastor ke depannya bisa semakin baik, semakin kompak, sehingga di mana pun kita berada, kebersamaan itu selalu ada. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Di mana pun kita berada, di situlah kita akan membaur bersama membangun kemajuan daerah,” ungkapnya.

Ketua Kadin Sultra itu menegaskan, Kastor sebagai organisasi kemasyarakatan yang memiliki anggota di Kota Kendari sekitar tiga ribu kepala keluarga berkomitmen untuk terus memajukan daerah.

Selain acara hiburan, peringatan hari jadi Kartos ke-59 ini dirangkaikan gelaran Pasar Murah menjual bahan pokok dengan harga yang disubsidi sehingga dapat dijangkau masyarakat sekitar.

“Pasar Murah ini digelar selama dua hari, yaitu dimulai pada tanggal 28-29 April 2023, berlangsung di halaman rumah Ketua Kadin Bapak Anton Timbang,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Pasar Modal Kadin Sultra, Sastra Alamsyah.

Lebih lanjut Sastra menyampaikan bahwa dalam pasar murah tersebut, panitia menyiapkan 4 item bahan pokok yang terdiri dari, beras, gila, tepung dan minyak goreng.

“Masing-masing item perhari kami siapkan 1000 per item. Alhamdulillah penjualan melebihi target, antusias masyarakat lebih besar. Kami tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada dukungan masyarakat Toraja dan masyarakat sekitar atas suksesnya pasar murah ini”, pungkasnya

Sementara itu, Wati (pembeli) menyampaikan ucapan syukur karena adanya pasar murah dengan harga terjangkau ini.

“Harganya sangat terjangkau, minyak di pasaran ukuran 2 liter 34 ribu, sementara di pasar murah ini kami dapat dengan harga 26 ribu saja. Apalagi harga beras cuma 44 ribu yang medium per 5 kg, 58 ribu yang premium per 5 kg, sementara harga terigu cuma 11 ribu per kg. Terima kasih Kadin Sultra,” ungkapnya.(**)