oleh

Pokmas Sehati Gelar Sosialisasi Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19

PENASULTRA.COM, KENDARI – Berbagai upaya telah dilakukan sejumlah pihak untuk mengurangi risiko penyebaran covid-19. Pasalnya, penyebaran covid-19 tidak hanya ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung. Namun ada kemungkinan penularan dapat melalui kontaminasi benda yang disentuh oleh pasien positif covid-19. Misalnya di tempat-tempat umum. Hal ini yang mendasari pentingnya meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

Atas hal itu, Kelompok Pemerhati Masyarakat Sehat Hangat Untuk Indonesia (Pokmas Sehati) dan Maxim Bike Kendari Comunity (MBKC) bekerja sama dengan Balai Pemasyarakatan Kendari menggelar sosialisasi hidup sehat di masa pandemi Covid-19 pada masyarakat Kota Kendari pada Jumat, 5 Maret 2021. Kegiatan ini dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 2 Pokmas Sehati.

Ketua Pokmas Sehati, Muhammad Kasim mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat di masa pandemik  saat ini. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat mengimplementasikan gaya hidup sehat pada masa pandemik covid-19 baik untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

“Cara  berkumpul yang benar saat ini misalnya dengan menjaga jarak, dengan memakai masker. Jadi dimana saja masyarakat yang kumpul-kumpul kita datangi, kita sampaikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan”, kata Kasim saat diwawancarai usai melaksanakan sosialisasi di salah satu Warkop di Kendari.

Lanjut Kasim, kegiatan sosialisasi hidup sehat ini sudah dilakukan selama masa pandemi ini. Selain sosialisasi, pihaknya juga  melakukan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat umum seperti ATM, Masjid dan juga membagikan masker kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sudah sering dilakukan, biasanya setiap selesai shalat Jumat. Jadi, setiap minggu”, ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya wabah covid-19 ini memberikan dampak yang sangat besar khususnya perekonomian masyarakat menurun. Sejumlah masyarakat penghasilannya berkurang karena dirumahkan atau bahkan diPHK dan dampaknya sangat berpengaruh dalam kehidupan saat ini.  

“Kita juga memberikan penguatan kepada masyarakat. Kita harapkan bagaimana masyarakat tetap beraktivitas tapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hidup ini harus tetap berjalan tapi dengan aturan-aturan yang ada. Karena dengan adanya pandemi tidak mesti harus tinggal di rumah terus juga. Tetap kita harus optimis ekonomi bisa berjalan dan pandemi secepatnya berlalu”, pungkasnya.

“Harapan kami, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat. Dan masyarakat semakin sadar bahwa sehat penting, sehat itu sangat berharga”, tutupnya.

Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kendari, Hasrudin menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakn oleh Pokmas Sehati dan MBKC itu.

“Kegiatan tadi itu memaang kegiatan yang sudah terprogram. Kita berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat”, ujar Hasrudin.

Ia juga berharap Pokmas dapat melakukan pengawsan terhadap warga binaan Bapas Kendari.

“Pokmas bisa memberikan informasi kepada kita jika ada pelanggaran yang dilakukan warga binaan kami. Karena salah satu tujuan Pokmas itu adalah membantu kita untuk melakukan membimbingan termasuk pengawasan terhadap klien Bapas Kendari. Ketika ada warga binaan kami yang tidak mengikuti protokoler kesehatan covid-19 bisa kita tarik kembali”, tukasnya.

Penulis: Husain

Komentar

NEWS FEED