oleh

Pemkot Siagakan Dua ‘Si Tampan’ untuk Penuhi Layanan Kesehatan Warga Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Layanan Public Safety Centre (PSC) 119 Sigap, Tepat, Aman, Profesional, dan Sopan atau disingkat Si Tampan Ambulance, resmi diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, kemarin.

Layanan tersebut kini sudah bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Kendari yang membutuhkan bantuan layanan kesehatan untuk ke rumah sakit.

“Layanan Ambulance Si Tampan siap digunakan oleh masyarakat. Dan Pemkot Kendari telah menyiapkan Call Center untuk dihubungi,” kata Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Hj. Nahwa Umar saar ditemui di Ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari, Selasa 27 Agustus 2019.

Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan layanan Ambulance ke rumah sakit, kata dia, bisa langsung menghubungi Call Center 119.

Saat ini, ada dua unit armada Ambulance Si Tampan yang disiapkan Pemkot. Kedua Ambulance tersebut akan siaga melayani masyarakat guna memberikan pertolongan pertama sebelum tiba di rumah sakit.

“Jadi, di tahun ini baru dua unit Ambulance yang bisa melakukan pertolongan pertama dalam mobil,” ujar Nahwa.

Ia berharap, ada sinergitas antara Pemkot dan seluruh lurah dalam melakukan sosialisasi terkait terobosan baru yang dilakukan oleh pemerintah.

“Saya berharap secepatnya seluruh lurah se Kota Kendari menyosialisasikan layanan tersebut kepada warganya,” tutur Nahwa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari Rahminingrum menjelaskan, penggunaan layanan yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) serta bantuan dari bank ini, gratis bagi masyarakat yang kurang mampu dan memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) gratis.

Sedangkan, untuk masyarakat mampu bakal dikenakan tarif yang besarannya diatur kemudian melalui Perda.

“Karena belum ada Perda terkait pengadaan mobil Ambulance ini, maka masing-masing berasal dari DAK dan bantuan dari Bank Republik Indonesia (BRI),” ucap Rahminingrum.(b)

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Bas

NEWS FEED