oleh

Pondok Pesantren Nahdlatul Ummah Raha Siap Rekrut Santri Baru

-Pena Pendidikan-1.147 views

PENASULTRA.COM, MUNA – Memasuki Tahun Ajaran baru, sejumlah lembaga pendidikan mulai mempersiapkan proses penerimaan Peserta Didik Baru. Begitu pula dengan Yayasan Pendidikan Al Islam Pondok Pesantren Nahdlatul Ummah Raha.

Pondok Pesantren Nahdlatul Ummah Raha, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) juga mulai membuka penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2020. Lembaga pendidikan berbasis agama itu merupakan upaya pembentukan akhlak dan karakter generasi muda saat ini.

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Nahdlatul Ummah Raha, Moh. Ridwan, menjelaskan bahwa Ponpes yang dipimpinnya itu memiliki dua lembaga pendidikan formal yakni SMPS Islam Nahdaltul Ummah dan SMKS Bastren Nahdlatul Ummah jurusan Komputer.

Papan nama SMPS Islam Nahdlatul Ummah Raha

Selain lembaga pendidikan formal, Ponpes Nahdlatul Ummah juga memiliki lembaga pendidikan non formal, yakni Madrasah Diniyah, Taman Pengajian Al-Qur’an (TPQ), dan Majelis Taklim.

Lembaga Pendidikan yang baru dibentuknya itu kata Moh. Ridwan bertujuan untuk mencetak pemimpin/ulama yang berkualitas dan berakhlakul karimah dari generasi baru.

“Dimana mereka diserbu dengan situasi yang mudah menyeret mereka dalam nilai-nilai moral yang menyimpang jika tidak memiliki filter dan bekal pendidikan agama yang cukup. Di satu sisi generasi muda mesti memiliki pengetahuan yang bisa dijadikan bekal dalam menghadapi kehidupan yang serba kompleks” jelas Moh. Ridwan saat ditemui awak media ini beberapa waktu lalu.

Beberapa program unggulan Ponpes Nahlatul ummah yakni Tahfidz Qur’an (Hafalan Al-Qur, an)
Tilawatil Qur’an (Qori’ dan Qori’ah) dan
Khot Al-Qur’an (Kaligrafi Arab)

“Ada juga berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti
Pramuka Santri, Olah Raga, Pencak Silat, dan Kaligrafi”, terang Ridwan.

Ponpes Nahdlatul Ummah juga memiliki tenaga pengajar yang profesional alumni berbagai pondok pesantren yakni lulusan Pondok Pesantren Sodogiri Jawa Tengah, Pontren Darul Lughan Wal Karomah, Probolinggo Jawa Timur, dan Pontren Ihya’us Sunnah Sulsel.

Selain itu, juga tersedia beberapa Fasilitas Pondok Pesantren yakni, Mushollah, Asrama Putra, Asrama Putri, Perpustakaan, Lapanagan Basket, Lapangan Futsal, Kantin, Tenis Meja, dan Lapangan Voly.

Lokasi Gedung Pondok Pesantren Nahdlatul Ummah

Untuk diketahui, Yayasan Pendidikan Al Islam Pondok Pesantren Nahdlatul Ummah Raha, beralamat di Jl. H Agus Salim No.14 Kelurahan Laende, Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Visi: Lembaga Pendidikan yang siap mencetak Pemimpin/Ulama yang berkualitas dan berakhlakul karimah.

Misi: Mencetak generasi hafidz-hafidzah Al-Qur’an, Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dengan Akhlakul karimah sesuai dengan syariat islam, menguatkan pemahaman ahlus sunnah wal jamaah (Aswaja) kepada santri.

Bagi calon santri/santriwati baru yang hendak mendaftar cukup menyiapkan beberapa berkas sebagai persyaratan yakni, Fotokopi Ijazah terakhir, Akta kelahiran, Kartu keluarga, dan Pas Foto 3×4 sebanyak 4 lembar.(b)

Penulis: Sain

Komentar

NEWS FEED