oleh

Rekrut 55 Relawan, KPU Kendari Target Partisipasi Pemilih 79 Persen

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menargetkan partisipasi pemilih masyarakat pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berada di atas target nasional, yakni mencapai angka 79 persen.

“Target nasional itu kan 77,5 persen, kalau kita berharap sampai dengan 79 persen,” kata Jumwal Saleh, Ketua KPU Kota Kendari saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 21 Januari 2019.

Baca Juga:  Putuskan tidak PSU, Kantor KPUD Buteng Dikepung Massa

Jumwal optimis dapat meraih target tersebut. Sebab, menurut dia, pihaknya telah merekrut sebanyak 55 relawan demokrasi untuk membantu kerja-kerja penyelenggara agar masyarakat berperan aktif dalam Pemilu tahun ini.

Mantan pimpinan salah satu media cetak di Kendari ini menyebutkan, program relawan demokrasi melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 11 basis pemilih strategis.

55 relawan demokrasi itu terbagi masing-masing lima orang dalam setiap basis. Yaitu, pada basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan, warga internet, serta relawan demokrasi itu sendiri.

Baca Juga:  Wali Kota Kendari Harap TNI dan Polri Mampu Wujudkan Pemilu Damai

“Tugasnya mereka itu membantu KPU mensosialisasikan atau mengajak masyarakat di basisnya masing-masing untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemilu,” terang Jumwal.(b)

Penulis: La Ode Muh. Faisal
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED