oleh

Rumah Masyarakat Bajo akan Ditampilkan di Dies Natalis ke-17 Asitektur

PENASULTRA.COM, KONAWE – Jurusan Arsitek Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar workshop di Desa Bajo Indah, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Selasa 18 Desember 2018.

Pada kegiatan workhsop tersebut, mahasiswa Arsitek UHO mendokumentasikan arsitektur rumah warga Desa Bajo Indah untuk ditampilkan pada Dies Natalis Arsitektur ke-17 pada 19-20 Desember 2018.

“Hasil yang di peroleh dari peserta workshop akan diolah sendiri. Dari hasil olahan tersebut, akan ditampilkan pada pameran Dies Natalis Arsitektur pada tanggal 19-20 Desember 2018, sekaligus akan dibukukan,” kata Yusril, Ketua Penyelenggara Workshop.

Baca Juga:  Kepung Polda Sultra, Mahasiswa UHO Desak Kapolres Kendari Dicopot

Ia menyebut, hasil dokumentasi yang diamati berupa foto rumah, baik luar rumah maupun dalam disertai ukuran lengkap. Selain itu pihaknya juga mendokumentasikan setiap detail yang ada di rumah tersebut.

“Kegiatan ini akan bersifat berkelanjutan dan nantinya kami akan mencari obyek yang berkaitan dengan arsitektur nusantara yang ada di Sulawesi Tenggara,” ungkapnya.

Baca Juga:  Rusman Emba Buka Pedagogi III UHO

Pada pameran dies natalis nanti, kata dia, pihaknya akan menampilkan tema arsitektur nusantara. Sehingga, pihaknya sengaja memilih rumah masyarakat Bajo Indah karena gaya arsitektur pesisir yang khas.

“Nah kenapa kami memilih Desa Bajo Indah sebagai lokasi workshop pada kegiatan kali ini, karena lokasi tersebut sesuai dengan keduanya. Arsitektur nusantaranya dapat, arsitektur pesisirnya dapat,” tutupnya.(b)

Penulis: Bima Lotunani
Editor: La Ode Muh. Faisal

NEWS FEED