oleh

Sedekah Kebaikan, ASR Konsel Fasilitasi Pengobatan Bayi Penderita Hidrosefalus

-Pena Daerah-388 views

PENASULTRA.COM, KONSEL – Sebagai lembaga sosial, Laskar Aku Sahabat Rakyat (ASR) terus menunjukan komitmennya dengan membantu masyarakat yang mengalami musibah maupun yang tidak mampu. Hal ini sesuai dengan apa yang selalu digaungkan oleh ketua  Dewan Pembina ASR, yakni Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka kepada  seluruh relawan ASR.

Aksi sosial yang selalu dilakukan oleh para relawan  ASR ini bertujuan untuk mebantu masyarakat yang kesusahan, apalagi ditengah situasi serba sulit akibat pandemik Covid-19 seperti saat ini. Dalam melakukan aksinya, para relawan terlebih dahulu mengumpulkan informasi  terkait dengan kondisi masyarakat yang dinilai sangat memerlukan bantuan.

Seperti yang dilakukan oleh relawan ASR di Konawe Selatan (Konsel) pada hari ini (Jumat, 24 Agustus 2021), mereka menyambangi kediaman salah satu keluarga kurang mampu di Desa Ambakumina Kecamatan Laeya.

Kehadiran relawan ASR itu guna menjenguk bayi penderita Hidrosefalus yang baru berusia 1,4 tahun yang ditinggalkan ayahnya, dan dirawat dirumah. Dalam kunjungannya itu, relawan ASR Konsel  memberikan bantuan berupa popok dan susu, serta ikut memfasilitasi keberangkatan bayi ini untuk dirujuk di RS Bahteramas Kota Kendari, melalui ambulance gratis milik partai Gerindra Sultra.

Kondisi bayi tersebut sangat membutuhkan bantuan. Namun karena  keadaan ekonomi keluarganya yang kurang mampu sehingga tidak bisa berobat ke dokter.

“Karena kami tidak punya biaya. Sudah hampir 4 bulan tergeletak di kasur dan hanya mendapat pengobatan alternative”, ucap nenek dari bayi yang bernama Alfina itu dengan nada lirih.

Sebelumnya, Ibu dari bayi ini mengaku memiliki kartu Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dari pemerintah. Oleh pihak Dinas kesehatan (Dinkes), anaknya diminta di rujuk ke Puskesmas untuk menjalani perawatan.

Namun, karena tidak memiliki biaya untuk kebutuhan sehari-hari, ia merasa was-was untuk membawa anaknya untuk dirawat di rumah sakit.

“Sehingga mereka membutuhkan biaya hidup sehari-hari selama di RS”, kata Adan Setyadi selaku ketua relawan ASR Konsel.

Dalam kesempatan itu, relawan ASR juga menyampaikan pesan Andi Sumangerukka bahwa ASR selalu  hadir untuk senantiasa membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan salah satunya adalah Gerakan Sedekah Kebaikan pada setiap hari Jumat .

Selain itu, para relawan turut memperkenalkan Andi Sumangerukka sebagai sosok figur yang memiliki kepedulian dan rasa empati yang besar kepada masyarakat yang kurang mampu serta religius dan tegas  sehingga layak untuk dipilih sebagai gubernur Sultra tahun 2024 mendatang.

Penulis: Andri

Komentar

NEWS FEED