oleh

Siswa SMAN 2 Baubau Rebut Dua Juara LKTI Tingkat Nasional

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BAUBAU – Dua tim siswa utusan SMAN 2 Baubau berhasil menyabet dua juara sekaligus dalam lomba karya tulis ilmiah (LKTI) yang diadakan Universitas Nusantara PGRI, Kediri, Jawa Timur, Senin 16 Juli 2018.

Tim pertama yang meraih juara 1 beranggotakan, Rahmi Sri Amanah (ketua), Dita Nanda Pratiwi (anggota) dan Sitti Fauziah Isnani (anggota). Sedang tim kedua yang berhasil menduduki juara 2 adalah, La Ode Muhammad Syaafil Ahyar (ketua) dan Rahmi Sri Amanah (anggota).

Salah seorang pembimbing siswa SMAN 2 Baubau, Fahmil Ikhsan Taharu mengungkapkan, pihaknya menjadi pemenang setelah berhasil unggul atas tim siswa SMA lainnya se Indonesia melalui serangkaian tahapan seleksi.

Mekanisme penjaringan awalnya dilakukan secara online. Semua peserta bisa daftar. Di ajang yang sudah kali kelima dilaksanakan ini, SMAN 2 Baubau baru dua kali ikut.

Informasi dari panitia menyebutkan bahwa sedikitnya ada sekitar 50 proposal yang masuk. Di antaranya Bali, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara dan beberapa provinsi asal Pulau Kalimantan.

“Tahun lalu kami satu tim saja dan hanya dapat peringkat lima. Tahun ini alhamdullilah, SMAN 2 Baubau mengikutkan dua tim dan kedua-duanya berhasil meraih juara 1 dan 2 setelah sebelumnya diseleksi bersama lima tim lainnya di grand final,” beber Fahmil saat dihubungi melalui sambungan telepon selular, Senin 16 Juli 2018 malam.

Atas capaian tersebut, kedua tim berhak atas hadiah berupa tropi, sertifikat dan uang pembinaan.

Dengan raihan juara yang telah digenggam SMAN 2 Baubau itu, Fahmil berharap dapat menjadi sarana dan motivasi bagi siswa lainnya untuk mampu berbicara di level nasional dan internasional.

“Kita juga berharap, lomba serupa dapat terus dilakukan secara berjenjang dan pembinaan ditingkatkan lagi. Sehingga, atmosfer LKTI ini makin meluas,” ujar perwakilan pembimbing asal Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) itu.

Foto bersama finalis dan pembimbing. FOTO: Istimewa

Patut diketahui, LKTI ini merupakan ajang mengutarakan ide bagi siswa dalam bentuk tulisan. Kemudian, tulisan tersebut diuji dan dinilai berkaitan dengan pengetahuan dan kepustakaan siswa dalam mata pelajaran tertentu.

Usai dari situ, siswa selanjutnya mempresentasikan karya ilmiahnya dihadapan tim penguji.

Adapun tema karya tulis yang mengantarkan tim SMAN 2 Baubau hingga juara 1 adalah, Camar (Camilan Mangrove) sebagai potensi pangan dan upaya konservasi hutan mangrove, Lambusango di teluk Lawele.

Sementara juara 2 mengangkat tema Jamsos (Jajanan mie dan bakso sehat) untuk siswa di Kota Baubau. Judul itu berangkat dari keprihatinan siswa yang melihat banyaknya kantin menjajakan jajanan mie instan di SMAN 2 Baubau.(a)

Penulis: Mochammad Irwan

Komentar

NEWS FEED