oleh

Sukses Lukman Abunawas Tak Lepas Peranan Sosok Yati

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas sedang dirundung duka mendalam. Ia kehilangan istri tercinta Yati Lukman Abunawas. Perempuan yang memberikannya lima anak ini meninggal dunia di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar, Rabu malam sekitar pukul 00.15 Wita.

Yati Lukman meninggal karena penyakit hepatitis B yang dideritanya. Penyakit ini dikabarkan menyerang Yati sejak Ramadhan 1440 H.

Semasa hidupnya almarhumah memiliki peranan penting mendampingi kesuksesan sang suami, Lukman Abunawas. Betapa tidak, bersama sang istri, Lukman Abunawas merintis karir dari PNS rendahan di Kabupaten Maros hingga meraih sejumlah kesuksesan gemilang dalam karir birokrasi mulai menduduki pucak pimpinan dua periode di Kabupaten Konawe, Sekda Provinsi sampai Wakil Gubernur Sultra. Jika bersepakat bahwa istri hebat itu menciptakan pula suami hebat. Maka Yati Lukman salah satunya.

Baca Juga:  DPRD Sultra Temukan Kejanggalan Proyek Tebing Sungai Lapai di Kolut

Tak sampai disitu, perempuan bernama lengkap Yati Pisi S.IP ini juga sukses dalam ruang politik. Ia terpilih menjadi anggota DPRD Sultra dapil Konawe-Konawe Utara Periode 2014/2019.

Pada Pileg 2019, ia kembali terpilih untuk periode kedua dengan total suara 13.737 suara dari total suara partai Nasdem 18.751 suara dapil Konawe-Konut.

Seyogyanya, alumni Universitas Terbuka jurusan Ilmu Pemerintahan ini akan dilantik kembali 6 Oktober 2019 sebagai legislator partai Nasdem. Namun Tuhan telah memanggilnya.

“Saya mencintai istri saya. Tapi Allah SWT lebih mencintainya,” ucap Lukman Abunawas saat penghormatan terakhir jenazah Yati Lukman di Kantor DPRD Sultra, Kamis 27 Juni 2019.

Baca Juga:  Soal Demo Mahasiswa di Kendari, Polda Bilang Sudah Beri Pengawalan Sesuai SOP

Yati Lukman Abunawas lahir di Wawotobi, 9 September 1959 dari pasangan H Pisi dan Hj Sitti Norma. Ia bersaudara kandung dengan Hj Sitti Aminah Razak Porosi (Istri Abdul Rasak Porosi, Bupati Kendari 1993-2003).

Sebelum terjun ke dunia politik, almarhumah menjadi PNS di Kabupaten Kendari 1985. Jabatan terakhir dibirokrasi, sebagai Kepala Bidang Sosbud Kantor BPMD Konawe, dengan pangkat Gol IV/b.

Kini Yati Lukman sudah menghadap Ilahi. Semoga semua amal baiknya menjadi bekal surga. Amin.(a)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kasmilahi

NEWS FEED