oleh

Sulkarnain Tegaskan Pemkot Kendari Tak Antikritik

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Plt Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menganggap media sebagai mitra bagi pemerintah. Kritik yang disampaikan media, kata Sulkarnain, merupakan bentuk perhatian terhadap kinerja dan upaya pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

“Pejabat publik yang antikritik tidak dibutuhkan masyarakat dalam membangun bangsa,” kata Sulkarnain saat menerima rombongan pengurus dan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di rumah jabatan wakil wali kota, Minggu 2 Desember 2018 sore.

Sebagai pejabat publik, Sulkarnain menegaskan, dirinya akan senantiasa terbuka dan menerima setiap sorotan dari pelbagai pihak yang disampaikan melalui media. Begitu pun kinerja organisasi perangkat daerah (OPD), mesti disampaikan kepada publik secara terbuka. Sehingga masyarakat tahu apa yang dikerjakan pemerintah daerah.

Baca Juga:  Kapoldasu Ajak Masyarakat Medan Ubah "Image" Gudang Preman

“Sekarang ini kita mewajibkan setiap OPD di Kota Kendari untuk menyampaikan hasil kinerjanya secara rutin kepada publik melalui media massa. Supaya menjadi evaluasi bersama untuk mewujudkan daerah yang lebih baik,” tegas Sulkarnain.

Sebelumnya, Ketua SMSI Sultra, Gugus Suryaman dalam kunjungan silaturahmi ini terlebih dahulu memperkenalkan diri bahwa SMSI merupakan asosiasi yang beranggotakan pimpinan perusahaan media dalam jaringan atau daring (online).

SMSI sebagai organisasi, kata Pemimpin Redaksi Sultrakini.com ini, menjadi wadah bagi media situs berita (siber) yang ingin beroperasi secara profesional sesuai ketentuan UU Pers, kode etik jurnalistik, serta mematuhi koridor Dewan Pers.

SMSI juga membuka ruang kerjasama dengan pelbagai pihak, baik institusi pemerintah maupun swasta, untuk membangun negeri yang lebih baik, sekaligus mewujudkan kesejahteraan anggota SMSI itu sendiri.

Baca Juga:  Hancurnya Benteng Terakhir Garis Pantai Cilegon akan Diseminarkan Bersama SMSI

“Kami bersedia bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan pembangunan daerah, tentu dengan cara dan perspektif kami sebagai media,” kata Gugus.

Sekretaris SMSI Sultra, Suparman turut pula menambahkan. Kata wartawan LKBN Antara ini, SMSI membuka ruang interaksi bagi tokoh publik untuk menyampaikan gagasan maupun kinerjanya kepada publik, melalui agenda ‘Ngopi’ alias Ngobrol Penting yang diselenggarakan secara rutin di Sekretariat SMSI Sultra Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 89B, Kelurahan Anawoi, Kecamatan Kadia, Kendari.

“Pengurus SMSI berupaya meningkatkan profesionalitas pengelolaan media, sekaligus meningkatkan kapasitas wartawannya,” tutur Suparman.(b)

Penulis: Ridho Achmed

NEWS FEED