oleh

Sulkarnain Tinjau Lokasi IPLT dan IPAL di Puuwatu

PENASULTRA.COM KENDARI – Plt Wali Kota Kendari Sulkarnain meninjau lokasi Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) Puulonggida Kecamatan Puuwatu dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Sanimas KSM Sehati yang terletak di Kelurahan Lalodati, Kecamatan Puuwatu.

Sulkarnain mengungkapkan, progres IPLT sudah hampir rampung tinggal dilakukan uji coba agar dipastikan bisa berfungsi dengan baik.

“Kalau ini berfungsi dengan baik, daya tampungnya bisa mencapai 80 kubik, bisa menampung seluruh limbah rumah tangga khususnya yang berkaitan dengan anti septik,” ungkap politisi PKS ini usai meninjau IPLT Puulonggida, Minggu 18 November 2018.

Untuk IPAL Komunal Sanimas KSM Sehati, kata Sulkarnain, yang tercatat ini belum ada yang sukses. Mudah-mudahan kali ini bisa sukses. Menurutnya, jika melihat secara teknis bisa dioperasionalkan. Bahkan dapat menampung 52 kepala keluarga (KK). Olehnya itu, dalam dua minggu kedepannya kita lakukan uji coba agar bisa difungsikan dengan baik dan bisa dinikmati masyarakat.

“Semua kita programkan dalam Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) dan inikan semua infrastruktur pendukung. Jika ini terlaksana dengan baik berarti program kita bisa semakin optimal kita laksanakan,” ulasnya.

“Secara konsekwensi juga akan mendapatkan PAD. Tapi dengan bergeraknya program ini kita optimis banyak player efek kita dapatkan baik dari pemerintah maupun masyarakat Kota kendari,” ujarnya.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari, Mahmud Buburanda mengatakan, pihaknya menargetkan akhir bulan November tahun ini program itu sudah ada penyerahan pekerjaan dari Kementerian PU ke Pemkot Kendari. Kemudian Pemkot Kendari ke Dinas PU untuk difungsikan.

“Dana kegiatan ini bersumber dari Angggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Semua anggaran dari kementerian kita kolaborasi dengan PU Kota Kendari,” jelasnya.(b)

Penulis: Edi Sartono
Editor: La Basisa

NEWS FEED