oleh

Tahun Ini, Jemaah Calon Haji Konsel Mengalami Peningkatan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONAWE SELATAN – Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dimana, jumlah JCH Konsel tahun ini sebanyak 122 orang, setelah di tahun 2017 hanya berjumlah 65 jemaah dan di tahun 2018 berjumlah 85 jemaah.

Kabag Kesra Setda Konsel, Hamlin S Ode Maka menyebutkan, JCH Konsel tahun 2019 terdiri dari 75 orang laki-laki dan 65 orang perempuan. Kemudian,104 orang diantaranya reguler, penggabungan mahram 11 orang, serta Lansia dan pendamping 7 orang.

Sedangkan berdasarkan jumlah JCH perkecamatan, jamaah terbanyak dari Tinanggea yang berjumlah 30 orang, disusul Laeya 18 orang dan Kecamatan Kolono 15 orang.

Baca Juga:  Bupati Mubar Lepas Pemberangkatan Calon Haji di Masjid Nur Iman Kambara

“Sisanya tersebar merata pada 22 kecamatan se Konsel,” sebut Halim di acara pelepasan JCH Konsel tujuan Embarkasih Makassar di Kantor Bupati Konsel, Senin 15 Juli 2019.

Di tempat yang sama, Bupati Konsel, Sunuddin Dangga mengatakan, peningkatan jumlah JCH merupakan bukti bahwa kesejahtraan ekonomi masyarakat Konsel mengalami peningkatan.

“Ditambah kesadaran warga untuk melaksanakan perintah Allah SWT yang juga seiring dengan visi Konsel yang sejaterah, unggul, amanah, dan religius,” ungkap Surunuddin saat melepas secara resmi JCH Konsel.

Baca Juga:  Pekan Depan, 647 Jemaah Calon Haji Kendari Diberangkatkan

Menurutnya, ibadah haji sebagai gambaran miniatur padang mahsyar, dimana seluruh umat manusia akan berhadapan dengan sang Khalik. Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan agar para jamaah diberikan kekuatan dan kesehatan selama melaksanakan ibadah haji.

“Dengan harapan bisa merubah perilaku menjadi lebih baik bagi diri, orang lain maupun daerah, bangsa dan negara yang memahami hakikat haji yang bukan fisik semata tetapi juga ibadah bathin, yaitu wukuf,” tutur Surunuddin.(b)

Penulis: Sopi
Editor: Faisal

NEWS FEED