oleh

Tingkatkan Kapasitas Guru, LPPM UHO Adakan Pelatihan Literasi TIK Dasar

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Beberapa waktu lalu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo (UHO) mengadakan pelatihan literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dasar di SD Negeri 2 Batalaiworu, Kabupaten Muna dalam upaya meningkatkan kapasitas guru.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh kepala sekolah dan guru-guru di SDN 2 Bataliworu tersebut dilaksanakan selama dua minggu di bulan November 2018.

Salah seorang narasumber pelatihan, Rasas Raya mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Sumber pembiayaan kegiatan ini berbentuk sharing kemitraan yaitu DIPA UHO tahun 2018 dan anggaran SDN 2 Batalaiworu. Narasumber berjumlah tiga orang dari UHO yaitu saya sendiri, Norma Muhtar dan Kabil, serta dibantu Surip Widodo dari LPMP Sulawesi Tenggara (Sultra),” kata Rasas melalui pesan WhatsAppnya, Selasa 20 November 2018.

Baca Juga:  ARF: Kader Golkar Mesti Merebut Kursi Bupati Muna

Senada, narasumber lainnya, Kabil mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian awal pengabdian masyarakat untuk pengembangan teknologi pembelajaran di sekolah-sekolah.

Norma Muhtar yang juga narasumber pelatihan menjelaskan, dalam kegiatan ini guru-guru dibekali dengan berbagai kompetensi dasar TIK untuk menunjang persiapan, pelaksanaan dan penilaian proses belajar mengajar.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 2 Batalaiwaru, Wa Ode Farulli mengatakan, pelatihan ini merupakan tindak lanjut hasil pemetaan mutu pendidikan di sekolah yang ia pimpin.

Baca Juga:  Muna Kembali Gelar Gala Desa di Kecamatan Lohia

Pelatihan ini juga dimaksudkan sebagai tahap awal dalam rangkaian pengembangan media pembelajaran untuk mewujudkan pendidikan berbasis TIK yang berkiblat pada pembelajaran abad ke-21.

Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Muna, La Ode Sarmin berharap pelatihan ini dapat diadopsi oleh sekolah-sekolah lainnya yang ada di Sultra khususnya Kabupaten Muna.

“Sehingga guru-guru bisa mengikuti kemajuan teknologi pembelajaran terkini untuk mendukung proses belajar di kelas yang menyenangkan,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED