oleh

Tingkatkan Pemilih Disabilitas, KPU Bombana Sambangi Rumah Warga

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Guna memberikan informasi pemilu dan mengajak pemilih disabilitas untuk mencoblos ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April mendatang, tiga anggota KPU Kabupaten Bombana menyusuri tiap desa di Kecamatan Rorowatu, Rabu 23 Januari 2019.

Komisioner KPU Bombana, Abdi Mahatma mengatakan, yang ia dan kedua rekannya lakukan merupakan salah satu metode meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019.

“Kami masuk di semua rumah-rumah warga yang terindentifikasi sebagai pemilih penyandang disabilitas. Mereka kami kenalkan soal lima surat suara, jumlah dan nama peserta pemilu,” kata Abdi melalui rilis persnya, Senin 28 Januari 2019.

Baca Juga:  Atal S Depari: PWI akan Jadi Pemantau Pemilu yang Obyektif

Menurut Abdi, penyandang disabilitas lebih paham jika diedukasi dengan menggunakan bahasa daerah, yakni bahasa Moronene dan diselingi dengan candaan.

“Kebetulan saya bisa berkomunikasi dengan bahasa lokal, jadi sangat membantu sosialisasi. Sesekali kita juga sampaikan rasa simpati terhadap situasi mereka dan doa agar bisa segera lebih baik kondisinya,” ungkapnya.

Baca Juga:  KPU Bombana Jadwalkan Penjaringan PPK Tambahan

Sementara itu, salah seorang penyandang disabilitas yang berprofesi sebagai pemanjat kelapa, Isran mengaku senang atas kunjungan KPU Bombana ke kediamannya. Apalagi, rumahnya hanya berlantai tanah dengan dinding papan yang sudah lapuk.

“Meski tak bisa melihat, saya selalu berusaha ke TPS saat pemilihan. Saya juga kan punya hak pilih pak, Insya Allah saya ke TPS nanti,” tukasnya.(b)

Penulis: Luthfi Badiul Oktaviya/Zulkarnain
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED