Tingkatkan SDM Masyarakat, Pimpinan dan Anggota DPRD Konkep Kunker ke BPVP Kendari

Pena Kendari503 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Sembilan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) lakukan kunjungan kerja (kunker) ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari, Rabu, 24 Februari 2022.

Agenda kunjungannya, melakukan konsultasi tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Konkep.

Wakil Ketua DPRD Konkep, Irwan mengatakan, kunker di BPVP Kendari merupakan salah satu bagian dalam mengupayakan peningkatan SDM masyarakat Konkep, dimana pihaknya paham betul jika BPVP Kendari merupakan tempat yang tepat untuk menciptakan angkatan kerja kompeten dan berdaya saing tinggi.

“Kenapa saya tahu, karena saya sendiri merupakan alumni BLK Kendari yang namanya masih BLK Kendari waktu itu. Saya angkatan pelatihan pada tahun 1999 hingga 2000 dengan kejuruan kontruksi bangunan dan saya berlatih di BLK Kendari ini selama 6 bulan. Saya bisa sampai pada kondisi seperti ini, berkat ketrampilan yang saya peroleh melalui pelatihan di BLK Kendari 23 tahun silam dan hal itu ingin juga saya wujudkan kepada saudara-saudara masyarakat Konkep,” katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya melakukan konsultasi sekaligus meminta bantuan BPVP Kendari agar bisa melaksanakan proses pelatihan di Konkep dengan kejuruan otomotif dan bangunan.

Dua kejuruan itu, menurut dia, merupakan kejuruan yang paling diinginkan masyarakat, karena sesuai dengan potensi daerah dan memiliki peluang usaha yang sangat baik. Apalagi, saat ini Kabupaten Konkep merupakan daerah yang masih akan tumbuh berkembang.

“Insya Allah, sesuai hasil konsultasi kami dengan Pak Kepala BPVP Kendari tadi, kemungkinan akan ada dua paket pelatihan bisa dibuka di Konkep dan harapan kami pelatihan itu adalah kejuruan bangunan dan otomotif,” sebutnya.

Pihaknya, lanjut dia, juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu yang telah bersedia menerima kunjungannya bersama rombongan dan memberikan pelayanan terbaik, bahkan membuahkan hasil yang positif.

“Kita juga diajak keliling mengunjungi workshop pelatihan dan itu serasa nostalgia bagi saya meski kini telah banyak bangunan baru yang berdiri. Kita juga tadi dapat oleh-oleh berupa kalender hasil karya siswa pelatihan kejuruan desain grafis,” bebernya.

Di tempat yang sama Ketua Komisi I DPRD Konkep Muhamad Faird, SE mengatakan bahwa sebagai Alumni Pemagangan Tenaga Kerja di Jepang tahun 2997 hingga 2000 (selama 3 tahun), beliau tahu betul bagaimana peranan BLK dalam meningkatkan kualitas kompetensi SDM.

“Saya mendaftar di Kendari untuk mengikuti program Pemagangan tenaga kerja di Jepang, selanjutnya saya di latih dan dari Kendari saya dikirim di BLK Lembang dan BLK Cevest Bekasi untuk ikut kursus Bahasa dan Budaya Jepang dan akhirnya saya dikirim ke Jepang, magang bekerja di sana selama 3 tahun. Pengalaman saya di BLK dan magang ke Jepang itulah yang salah satunya menjadi sebab untuk saya bisa sampai pada perjalanan saya saat ini, termasuk menjadi Wakil Rakyat di Kabupaten Konawe Kepulauan. Jadi saya sangat bangga dan berterima kasih karena telah menjadi bagian dari Keluarga Besar BLK Kendari, BLK Lembang dan BLK Cevest Bekasi. Pengalaman saya dengan Pak Irwan inilah yang ingin kami tularkan kepada saudara-saudara kami generasi muda yang ada di Kabupaten Konawe Kepulauan,” jelasnya.

Anggota DPRD Konkep lainnya, Ensoni, ST mengatakan kunkernya ke BPVP Kendari sangat memberikan pengalaman baru baginya, karena disamping mendengarkan langsung visi, misi dan program BPVP Kendari dari Kepala BPVP Kendari, juga langsung keliling melihat workshop-workshop pelatihan dan melihat langsung para siswa yang sedang praktek kerja dalam mengikuti pelatihan di BPVP Kendari.

“Kunjungan kami ke BPVP Kendari ini sangat memberikan pengalaman baru bagi saya, karena saya baru tahu ternyata peran BLK (BPVP) Kendari ini sangat besar dalam meningkatkan kualitas SDM angkatan kerja. Saya mendengar penjelasan Kepala BPVP Kendari tentang visi, misi dan program BPVP Kendari, juga kami langsung keliling melihat workshop-workshop pelatihan dan menyaksikan langsung para siswa yang sedang praktek kerja dalam mengikuti pelatihan di BPVP Kendari. Ini luar biasa dan saya berharap kondisi ini bisa kita hadirkan juga di Konkep untuk diikuti oleh generasi muda angkatan kerja yang ada di Konsep,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu ditemui terpisah mengatakan, jika pihaknya juga mengucapkan terimakasih atas kunker yang dilakukan Pimpinan dan Anggota DPRD Konkep, termasuk mempercayakan BPVP Kendari sebagai salah satu lembaga yang dapat meningkatkan SDM masyarakat Kabupaten Konawe Kepulauan.

“Kepercayaan mereka merupakan spirit bagi kami untuk terus berbuat yang terbaik dalam meningkatkan kompetensi masyarakat Sultra khususnya masyarakat Konkep dan hal itu adalah visi misi BPVP Kendari,” katanya.

Terkait kunker itu sendiri, lanjut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), pihaknya akan mengupayakan pelaksanaan dua paket pelatihan Mobile Training Unit (MTU) di sana (Kabupaten Konkep), guna menunjang peningkatan SDM, sekaligus menyiapkan angkatan kerja kompeten dan berdaya saing. Dengan demikian In Syaa Allah saudara-saudara saya generasi muda Kabupaten Konawe Kepulauan akan menjadi tenaga kerja terampil yang dapat menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha mandiri atau diterima di pasar kerja di dunia usaha atau dunia industri baik yang ada di Kabupaten Konkep maupun di luar Kabupaten Konkep.

“Kami sangat berharap dengan pelatihan yang nantinya kita laksanakan di sana, bisa menjadikan masyarakat Konkep lebih kreatif serta inovatif, dan kelak akan menjadi orang-orang hebat, sehingga menjadikan Konkep dan Sultra semakin berkembang dan maju,” tutupnya.

Editor: Husain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *