Tokopedia Gandeng IZI Sultra Laksanakan Program Kesehatan Gratis di Pelosok Konsel

Pena Daerah202 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Tokopedia menggandeng Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan aksi layanan kesehatan keliling yang bersumber dari dana zakat karyawan Tokopedia. Program ini dilaksanakan di Desa Ahuangguluri, Kecamatan Baito, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rabu, 24 Agustus 2022.

Program kesehatan kali ini berupa pemeriksaan kesehatan gratis dengan pemeriksaan kolesterol, asam urat, dan gula darah sekaligus dengan pemberian obat-obatan yang sesuai dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan. Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan langsung oleh dokter dan beberapa perawat dari puskesmas Kecamatan Baito, Konawe Selatan.

Lokasi yang terpencil dengan akses jalan yang sangat ekstrim berlubang dan bebatuan menjadi alasan kegiatan ini dilakasanakan diwilayah tersebut. Kendala akses dan puskesmas yang jaraknya cukup jauh juga menjadi hambatan bagi masyarakat setempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas.

Meski ditengah kondisi hujan, proses pelaksanaan kegiatan ini tetap berjalan dengan lancar dan disambut hangat oleh masyarakat yang ada di ujung Desa Ahuangguluri. Jumlah pasien atau masyarakat yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan sebanyak 100 orang, mayoritas dari mereka merupakan usia lansia dan sangat jarang melakukan pemeriksaan kesehatan ke puskesmas setempat.

Pak Edom (70 tahun) mengucapkan terima kasih kepada Tokopedia dan IZI yang telah melaksanakan kegiatan ini di wilayah Desa Ahuangguluri sehingga masyarakat yang berada di pelosok Kecamatan Baito ini bisa memeriksa kesehatan mereka secara langsung dengan mudah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Tokopedia dan IZI yang telah melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini di wilayah kami Desa Ahuangguluri meskipun tempatnya yang jauh dan jalannya rusak. Dengan kegiatan ini juga kami bisa melakukan pemeriksaan kesehatan dengan mudah terutama kami yang sudah tua dan kesusahan melakukan pemeriksaan langsung ke Puskesmas”, ucap pak Edom.

Salah seorang teokoh masyarakat dan tokoh perempuan yakni Ibu Siti juga menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas terlaksananya kegiatan mulia ini di wilayah desa mereka.

“Saya mewakili para tokoh masyarakat dan tokoh wanita mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Tokopedia dan IZI yang telah mendatangkan program ini ke Desa kami yaitu Desa Ahuangguluri. Ini untuk pertama kalinya desa kami dilaksanakan pengecekan kesehatan gratis dengan pemberian obat secara gratis, kami berharap keberkahana untuk seluruh karyawan Tokopedia dan IZI sehingga lebih banyak lagi orang-orang membutuhkan yang bisa terbantu”, ungkap Ibu Siti.

dr Rahmat Jaya selaku Kepala Puskesmas Baito sekaligus sebagai koordinator tim medis dalam kegiatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada Tokopedia dan IZI Sultra karena dengan program ini telah dilaksanakan di wilayah kerja mereka yakni Kecamatan Baito dan telah memilih wilayah pelosok yang cukup sulit untuk di jangkau.

“Mewakili tim medis dan seluruh jajaran Puskesman Baito menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Tokopedia dan IZI yang telah melaksanakan program ini dan memilih salah satu wilayah pelosok yang ada di Kecamatan Baito yakni Desa Ahuangguluri. Dengan program ini kami dari pihak puskesmas juga sangat terbantu dalam pelaksanaan tugas kami untuk mengontrol kondisi kesehatan masyarakat yang tinggal di pelosok-pelosok dan kesulitan melakukan pemeriksaan kesehatan langsung ke Puskesmas”, tutur Kepala Puskesman Kecamatan Baito dr Rahmat Jaya.

Selanjutnya Ibu Sri Ramdhani selaku ketua tim dari IZI dalam pelaksanaan program tersebut menyampaikan terima kasih atas sambutan luar biasa dari seluruh masyarakat Desa Ahuangguluri sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut, ucapan yang sama juga kepada tim medis dari Puskesmas Baito.

“Ucapan terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Desa Ahuangguluri yang telah menyambut kami dengan sangat luar biasa dari seluruh masyarakat di Desa Ahuangguluri meski ditengah kondisi cuaca yang sedang hujan. Selanjutnya kami juga menyampaikan terima kasih kepada tim medis Puskesmas Baito yang di ketua oleh dr. Rahmat Jaya atas dukungan dan bantuannya dalam mensukseskan program ini”. ucap Ibu Sri Ramdhani.

Kepala pendayagunaan IZI Sultra tersebut juga tak lupa memohon do’a untuk seluruh karyawan Tokopedia dan IZI agar selalu di berikan kemudahan dalam melaksanakan program-program yang memberikan banyak manfaat kepada masyarakat.

“kami juga memohon do’a dari seluruh masyarakat Desa Ahuangguluri untuk seluruh karyawan Tokopedia dan IZI agar senenatiasa diberikan keberkahan umur dan rezeki, serta senantiasa diberikan kemudahan dalam melaksanakan program yang memberikan banyak manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan.

Editor: Husain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *