oleh

UPP Kota Kendari Edukasi Pencegahan Pungli kepada ASN DPM PTSP

-Pena Kendari-164 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Kendari, sedang gencar melaksanakan kegiatan sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), untuk mengedukasi para penyelenggara negara (ASN).

Kali ini, UPP Kota Kendari meberikan edukasi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Senin, 18 Agustus 2021.

Tim UPP Polres Kendari, Aiptu Laode Rufani mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut dalam rangka mengantisipasi sejak dini tindakan pungli pada pelayanan publik di sebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kita berharap melalui sosialisasi Siber Pungli ini aparat pemerintah bisa menjalankan tugasnya dengan amanah dan mengedepankan nila- nilai integritas,” katanya.

Senada yang sama diungkapkan Irban Investigasi (Irvest), Mulyad,  bahwa kegiatan sosialisasi Saber Pungli tersebut merupakan langkah Pemkot Kendari mencegah pungutan liar.

“Dasar hukum mengacu pada Undang- undang No.6 tahun1999 tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, perpres No. 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar dan keputusan Wali Kota Kendari No.258 tahun 2021, tentang pembentukan unit pemberantasan pungutan liar lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari,” ungkapnya.

Lebih lanjut Irves Mulyadi mengatakan, Tim UPP Kota Kendari terbagi menjadi empat Pokja yakni, Pokja Intelejen, Pokja Pencegahan, Pokja penindakan dan Pokja Yustisi.

“Yang memiliki tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien,” terangnya.

“Melalui sosialisasi ini kita berharap, tumbuh nilai – nilai anti korupsi dalam diri kita. Jujur, disiplin dan tanggungjawab. Jika ketiga hal ini kita miliki dan terapkan dalam menjalankan tugas, insya allah kita akan amanah,” ujarnya.

“Kita juga berharap tidak ada yang terlibat dalam dalam korupsi, pungli dan gratifikasi,” tambahnya.

Sementara Sekertaris Dinas Penanam Modal Daerah Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Nukke Djuwita, sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut. menurutnya, sosialisasi Saber Pungli ini sangat membantu mereka di PTSP.

“Kami disini merupakan pelayanan publik, jadi teman-teman sangat terbantukan dengan sosialisasi dan penjelasan terkait Saber Pungli ini,” ujarnya.

Lebihlanjut Sekretaris PTSP ini mengatakan, telah melakukan pemberitahuan secara terus menerus kepada petugas pelayanan, mana yang berbayar dan yang tidak.

“Jadi kami disini sering mengingatkan teman-teman dan berharap tidak terjadi Pungli,” ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi Saber Pungli ini dihadiri oleh Pejabat dan Staf Dinas PTSP Kendari dan Tim UPP Kota Kendari.

Editor: Sudiami

Komentar

NEWS FEED