oleh

Usai Tinggalkan Raha, KM Fungka Terbakar di Perairan Banggai

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Kapal Motor (KM) Fungka Permata Lima terbakar di Perairan Sagu, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah. Peristiwa naas itu terjadi saat kapal sedang dalam pelayaran dari pelabuhan Raha, Sulawesi Tenggara menuju Banggai Laut Sulawesi Tengah, Jumat sore, 14 September 2018 sekitar pukul 16.00 WITA.

Dikutip dari VOAIndonesia.com, bahwa kapal yang dinahkodai Andi Sulistiono ini memuat 101 orang yang terdiri atas 10 ABK dan 91 penumpang.

Basrano, Kepala Kantor Basarnas Palu menjelaskan sejumlah kapal yang memuat tim penyelamat telah dikerahkan ke lokasi terbakarnya Kapal penumpang rute Bau Bau-Raha-Banggai Laut-Taliabo-Sanana itu. Pihak Basarnas Palu, menerima laporan sekitar pukul 17.12 Wita.

Baca Juga:  Perayaan HUT RI di Sultra Diselimuti Duka, KM Izhar Rute Kendari-Salabangka Terbakar

Basarnas Palu pun segera memberangkatkan tim evakuasi dari pukul 17.30 WITA dengan dua kapal dari Banggai Laut yakni KM Usaha Baru dan Apollo Express. Kemudian Jumat malam kemarin, sekitar jam setengah delapan malam tadi, KM Pacitan milik Basarnas diberangkatkan.

“Upaya menjangkau lokasi kecelakaan kapal itu masih terus dilakukan baik dari arah pelabuhan Banggai Laut, Raha Kendari dan Kabupaten Banggai,” ungkap Basrano.

Baca Juga:  Penumpang Hilang Belum Ditemukan, SAR Kendari Perluas Pencarian
Sejumlah korban meninggal akibat terbakarnya KM Fungka saat dievakuasi di Banggai Laut

Terpisah, Zulfikar petugas Syahbandar Pelabuhan Banggai Laut saat dihubungi PENASULTRA.COM Sabtu pagi 15 September 2018 menyebut jumlah penumpang dan ABK yang berhasil dievakuasi 126 orang. Saat ini upaya pertolongan sedang dilakukan oleh masyarakat bersama petugas lokal.

“Korban meninggal dunia ada 10 orang. Sedangkan korban lainnya telah dievakuasi di pelabuhan Banggai,” ungkap Zulfikar melalui sambungan teleponnya, seraya menduga Kapal terbakar disebabkan percikan api dari mesin kapal.(a)

Penulis: Edi Sartono
Editor: La Ode Kasmilahi

NEWS FEED