Waspada DBD, Dinkes Wakatobi Sarankan Warga PHBS

52
KPU Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Memasuki musim hujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Wakatobi minta kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai penyakit menular Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk mengantisipasi masalah DBD, Dinkes Wakatobi menyarankan agar masyarakat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kami harap masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan. Setiap wadah atau tempat penyimpan air serta sampah yang berpotensi menjadi sarang jentik nyamuk DBD, harus dimusnahkan dengan cara tiga M yakni, menguras, mengubur dan menutup,” kata Kadinkes Wakatobi Muliaddin, Jumat 1 Februari 2019.

Menurutnya, PHBS penting dilakukan karena sebagai cara untuk mencegah perkembang biakan jentik nyamuk DBD.

Kata dia, jentik nyamuk DBD biasanya berkembang pada tempat penyimpan air bersih, rongga batu, dan dibawah dedaunan serta sampah. Tambah Muliaddin, pihaknya telah melakukan fogging dibeberapa titik yang dianggap rawan sarang nyamuk DBD.

“Kami telah berkoordinasi dengan Pemda melalui Sekda, camat, kades/ lurah dalam rangkah pencegahan dan pengendalian penyakit DBD dengan cara, melakukan peyuluhan pada tingkat dusun, desa/kelurahan dengan memanfaatkan UKBM dan Ormas di wilayah kerja Puskesmas serta menyediakan media promosi kesehatan,” tandasnya.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Bas

Berlangganan Berita kami
Daftar di sini untuk mendapatkan berita, pembaruan, dan penawaran khusus terbaru yang dikirimkan langsung ke email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja
Komentar
Loading...