oleh

Wisnu Putra: Pekan Depan Operasi Zebra akan Dimulai

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Kombes Pol Wsinu Putra mengatakan, pekan depan Polda Sultra beserta jajarannya akan melaksanakan Operasi Zebra selama dua minggu tepatnya pada 30 Oktober sampai dengan 12 November 2018.

Kata Wisnu, Operasi Zebra merupakan kegiatan penertiban atau kalender tahunan. Dikatakannya, kegiatan ini juga untuk memberikan sosialisasi kepada pengguna jalan untuk menggunakan helm yang benar.

Baca Juga:  Polda Sultra Akan Tertibkan Pengemudi yang Parkir di Bahu Jalan

“Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia,” ungkapnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis 18 Oktober 2018.

Tambahnya, yang menjadi sasaran pelanggar alulintas pada Operasi Zebra tahun ini diantaranya, tidak menggunakan helm SNI saat berkendara, melawan arus lalulintas, menggunakan handphone pada saat berkendara, tidak menggunakan sabuk keselamatan, belum cukup umur saat berkendara, berkendara dalam pengaruh minuman keras atau mabuk.

Baca Juga:  Polda Sultra Akan Tertibkan Pengemudi yang Parkir di Bahu Jalan

Lanjut Wisnu, kemudian STNK tidak sesuai, kendaraan yang menggunakan sirine dan rotator tidak sesuai peruntukannya, kendaraan bak terbuka bukan peruntukan mengangkut orang, dan terakhir pelanggaran kelebihan muatan.

“Bagi pelanggar, kami langsung berikan tindakan hukum. Karena setelah Operasi Zebra berakhir akan berlanjut Operasi Lilin jelang natal dan pergantian tahun,” tandasnya.(b)

Penulis: Edi Sartono
Editor: La Basisa

NEWS FEED