oleh

Abu Hasan Kantongi 2 Nama Calon Wakil, Geopolitik dan Hasil Survei Jadi Penentu

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON UTARA – Abu Hasan yang kembali maju dalam pertarungan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Buton Utara (Butur) pada 2020 mendatang, ternyata telah mengantongi dua nama calon wakil yang bakal mendampinginya.

Meski belum mau membeberkan nama keduanya, sang petahana itu menyebut bahwa yang layak mendampinginya adalah calon yang memiliki pertimbangan geopolitik (praktik analisis, prasyarat, perkiraan dan pemakaian kekuatan politik terhadap suatu wilayah).

“Rencana wakil ada pertimbangan geopolitik karena saya tinggalnya di wilayah Kecamatan Kulisusu. Sementara Butur ada dua belahan besar wilayah. Ada Kulisusu Utara, Bonegunu dan Wakurumba dan Kambowa,” beber Abu Hasan, Senin 4 November 2019 malam.

Baca Juga:  Ketua Kekar Bajo Sultra Siap Dipinang Siapa Saja Kandidat Cabup Konut

Selain pertimbangan geopolitik, menurut ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara (Sultra) itu, dua calon wakil yang sudah mendaftarkan diri di PDIP juga harus memiliki elektabilitas tinggi.

“Penentunya harus lewat LSI atau Lembaga Survei Indonesia. Kami turunkan LSI untuk menyurvei elaktabilitasnya. LSI harus survei sebanyak tiga kali,” jelas Abu Hasan.

Baca Juga:  Ketemu Jokowi di Kendari, Abu Hasan Curhat Soal Kondisi Masyarakat Butur

Sementara itu, untuk kendaraan politik, mantan kepala Biro Humas Setda Sultra itu mengaku telah mendaftarkan diri di sejumlah partai politik. Di antaranya, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

“Untuk koalisi belum, karena baru tahap pendaftaran. PDIP kan sebenarnya tidak butuh koalisi sudah cukup satu pintu. Tapi tidak menutupkemungkinan akan ada koalisi,” ujar Abu Hasan.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED