oleh

Agustus, Pemda Konkep Bakal Bangun 3 Titik BTS Berjaringan XL Axiata

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONAWE KEPULAUAN – Kabar gembira buat masyarakat Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) khususnya warga di tiga desa yaitu Desa Polara dan Mosolo, Kecamatan Wawonii Tenggara dan Desa Lawei di Kecamatan Wawonii Selatan. Pasalnya, Pemda Konkep bakal membangun Base Trancaiver Sistim (BTS) berjaringan 4G XL Axiata di tiga titik tersebut pada Agustus mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Jamhur Umirlan melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Abdullah dalam press releasenya saat mendampingi Wakil Bupati Konkep, Andi Muh Lutfi dalam menghadiri rapat koordinasi dan Design Meeting (DRM) BTS Blankspot Tahun 2019 Wilayah Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin, 22 Juli 2019.

Baca Juga:  PSSI Konkep Helat Turnamen Cari Bibit Handal

“Untuk region Sulawesi tercatat ada 48 titik Blankspot yang akan dibangun Base Tranceiver Sistem (BTS-nya) tersebar pada 9 Kabupaten. Dimana Kabupaten Konawe Kepulaun mendapatkan alokasi titik sebanyak tiga lokasi yakni Polara, Mosolo dan Lawey,” kata Abdullah.

Lebih lanjut mantan wartawan media lokal ini mengatakan, sebagai bentuk dukungan Pemda Konkep pada kegiatan ini pihaknya langsung menyerahkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada titik yang akan dibangun BTS itu.

“Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, pihak PT Bintang Komunikasi Utama (BKU) selaku perusahaan pemenang tender atas kegiatan ini akan segera melakukan pembangunan pada bulan Agustus mendatang,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemda Konkep Beri Pelatihan Keprotokolan Kepada Sejumlah Staf

Sebagai daerah terpencil dan belum lama mekar, tentu pihak Pemda masih akan banyak memiliki PR dalam hal pembangunan. Oleh sebab itu, pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Konkep, Andi Muh Lutfi meminta secara langsung kepada pihak BAKTI Kominfo RI agar menambah kuota titik pembangunan BTS di Konkep. Dari tiga titik menjadi delapan titik agar semua titik Blankspot di Wawonii tertutupi.

Mengenai persyaratan IMB dan Hibah tanah, lanjut Abdullah, Wakil Bupati Konkep menjamin akan segera menyerakannya pada pihak BAKTI Kominfo RI jika permintaan tersebut disetujui.

“Alhamdulillah pihak BAKTI memberikan signal penambahan titik. Karena tahun 2019 ini ada sekitar 1000 BTS Balankspot yang akan dibangun lagi,” tandasnya.(b)

Penulis: Nanang Sofyan
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED