oleh

Dua Tahun Terakhir, Pertumbuhan Ekonomi Wakatobi Anjlok 2 Persen

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, angka pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Wakatobi “anjlok” alias mengalami penurunan sebesar 2 persen dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Pada 2016 pertumbuhan ekonomi Wakatobi 7,97 persen turun menjadi 5,96 persen. Tahun 2018 pertumbuhan ekonomi kabupaten yang dipimpin Arhawi diprediksikan 6,5 persen.

Menurut Kepala BPS Kabupaten Wakatobi, Towedy Marthinus Layico, turunnya pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun disebabkan sebagian besar sektor ekonomi mengalami penurunan.

Baca Juga:  Dinilai Gagal Pimpin Wakatobi, Baleho Arhawi Dibakar Masa

“Diantaranya sektor pertanian mengalami penurunan dari 10,32 persen turun dari 9,36 persen. Sektor konstruksi menurun dari 6 persen menjadi 2 persen. Sektor jasa keuangan dan asuransi turun dari 12 persen menjadi 5 persen dan sektor pendidikan dan kesehatan sangat menurun,” jelas dia saat diwawancarai di kantornya, Senin, 22 Juli 2019.

Meski demikian, Towedy mengungkapkan bahwa tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Wakatobi sedikit membaik. Tumbuh dikisaran 6,5 persen yang baru akan dirilis 16 Agustus bulan depan. Namun, perbaikan pertumbuhan ekonomi saat ini belum mampu melampaui pertumbuhan ekonomi di tahun 2016, 2015, dan seterusnya.

Baca Juga:  Waduh, Adik Bupati Wakatobi Nyaris Lukai Pendemo dengan Samurai

Data BPS soal pertumbuhan ekonomi Kabupaten Wakatobi ini berbanding terbalik dengan pernyataan Bupati Wakatobi, Arhawi di media. Menurut dia, pertumbuhan ekonomi meningkat dengan adanya tambahan kuota jama’lah haji Wakatobi tahun 2018.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED