oleh

Alergi Wartawan, Kepala SMPN 1 Kabawo Diduga Selewengkan Gaji Guru Honor

-Pena Hukum-1.023 views

PENASULTRA.COM, MUNA – Kepala SMP Negeri 1 Kabawo, La Ike diduga alergi terhadap wartawan. Pasalnya, saat awak media ini hendak melakukan konfirmasi terkait dengan belum dibayarkannya gaji 18 orang guru honor di sekolah yang dipimpinnya itu, La Ike enggan memberikan jawaban atau klarifikasi. Padahal, awak media ini telah beberapa kali menghubungi sang Kepala Sekolah (Kepsek) melalui sambungan telepon seluler dan pesan WhatsApp namun sampai saat ini tidak digubris.

Adanya sikap sang Kepsek yang terkesan menutup diri itu menimbulkan kecurigaan dari sejumlah pihak khususnya Gerakan Rakyat Sulawesi Tenggara (Gerak Sultra) dan para guru honor.

“Berarti kemungkinan besar dia terindikasi melakukan penyelewengan terhadap dana BOS yang seharusnya diperuntukkan membayar gaji guru honor. Dan kalau alasannya belum masuk dalam data dapodik sehingga belum dibayarkan gaji para guru honor, kenapa pada triwulan sebelumnya dia bayarkan?”, ucap Anggota Divisi Advokasi dan Investigasi Gerak Sultra, Arifuddin Syah kepada awak media ini, Selasa, 18 April 2021.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya tidak ingin masalah ini berlarut-larut tanpa ada kejelasan. Oleh kerena itu, dalam waktu dekat Gerak Sultra akan melaporkan masalah ini ke Kejaksaan Negeri (Kajari) Raha.

“Kami akan laporkan di Kejaksaan, karena kami sudah miliki data-data pendukung terkait masalah ini”, tegas Ari.

Sementara itu, salah satu guru honor di SMPN 1 Kabawo menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada langkah-langkah yang dilakukan oleh Kepsek untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Mungkin dia belum siap memberikan penjelasan atau ada hal lain. Karena sampai sekarang beliau tidak ada inisiatif mau kumpul kita atau bagaimana untuk memberikan penjelasan, dan kami pun menunggu itu”, ungkap salah satu guru honor yang enggan disebutkan namanya.

Ia pun berharap agar persoalan ini bisa diselesaikan secepatnya.

Penulis: Husain

NEWS FEED