oleh

Antisipasi Lonjakan Rupiah Selama Ramadhan, BI Sultra Siapkan Rp2,4 Triliun

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) memperkirakan jumlah kebutuhan uang tunai (outflow) untuk keperluan di bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tahun ini bakal melonjak.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra, Irfan Farulian mengatakan, lonjakan outflow tahun ini diprediksi mencapai Rp2,4 triliun. Lebih tinggi dibandingkan realisasi outflow pada tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp1,4 triliun.

“Berdasarkan historis, akan terjadi peningkatan outflow yang sangat signifikan menjelang Idul Fitri. Proyeksi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri Rp2,4 Triliun. Tapi tetap ada stok lainnya,” kata Irfan dalam acara bincang bareng media (BBM) di Aula BI Sultra, Kamis 2 Mei 2019.

Baca Juga:  Inflasi 2018 di Sultra Masih Terkendali

Ia menyebutkam, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan outflow bakal meningkat tahun ini, diantaranya pembayaran gaji ke-13 dan ke-14 bagi PNS, TNI, Polri serta jumlah hari libur yang lebih banyak.

“Dari Rp2,4 triliun, itu sekitar 70 persen uang pecahan besar, yakni Rp50 ribu hingha Rp100 ribu,” ungkapnya.

Guna memenuhi kebutuhan uang layak edar (ULE) selama bulan Ramadhan, kata Irfan, BI menyediakan layanan penukaran uang melalui loket penukaran di Kantor BI setiap Selasa dan Kamis pukul 09.00 hingga 11.30 Wita.

Baca Juga:  Kembangkan Ekonomi Syariah, BI Dorong Kewirausahaan Pesantren

Selain itu, untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, BI Sultra juga telah bekerja sama dengan beberapa perbankan untuk pelayanan kas keliling, baik di Kota Kendari maupun di luar Kota Kendari.

Pelayanan kas keliling yang dijadwalkan setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at selama Ramadhan ini tersebar di beberapa titik. Ada di BPD Sao-Sao, MTQ depan Kopkit, BRI pasar baru, MGM Swalayan, BRI Puuwatu, Pasar Andounohu dan lainnya.

“Nanti juga kita koordinasi dengan bank-bank yang akan siap di pelabuhan bagi yang mudik,” tutup Irfan.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Sal

NEWS FEED