oleh

Beasiswa untuk Mahasiswa Buteng Terhambat Perbup

PENASULTRA.COM, BUTENG – Perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Provinsi Sulawesi Tenggara pada sektor pendidikan, masih setengah hati. Hal ini tampak pada anggaran bantuan pendidikan (Beasiswa) yang ditelorkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Buteng 2019 hanya Rp45 juta. Beasiswa yang dinamakan program Samatau Cerdas ini belum dapat disalurkan karena belum didukung dengan Peeaturan Bupati (Perbup).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buton Tengah Abdullah mengatakan bahwa, program beasiswa Samatau Cerdas ini belum dilengkapi dengan syarat dan kriteria calon penerima beasiswa. Sehingga kemungkinan akan ditangguhkan dulu tahun ini.

Menyoal porsi anggaran Beasiswa hanya Rp45 juta dalam APBD 2019, Abdullah menilai belum mengetahui persis yang menjadi pertimbangan penetapan angka Rp45 juta itu.

“Anggaran Rp45 juta ini terlalu kecil. Ini hanya akan sampai dimana. Padahal beasiswa ini sangat banyak yang membutuhkan,” tuturnya

Namun pihak Dikbud, akan berupaya memastikan program tersebut. Apakah masih bisa dijalankan atau tidak.

“Sekarang belum jalan, tapi nanti kita lihat apakah kita bisa realisasikan dengan anggaran yang ada atau tidak,” ucapnya.

Kedepan, Abdullah bertekad akan kembali merancang dan mengusulkannya pada pembahasan anggaran tahun 2020 dengan proporsi yang tepat.

“Ini juga menjadi program prioritas pak Bupati. Sasarannya S1, S2 dan kita upayakan kalau bisa kita pisahkan yang berprestasi dengan yang tidak mampu dan itu kita akan atur juknisnya dalam Perbup ,” tutupnya.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Kas

NEWS FEED